Info Terkini

Kesultanan Sambaliung dan Gunung Tabur Bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta

1406 | Sabtu, 15 April 2017 admin Sultan Gunung Tabur beserta istri, GKR Mangkubumi, Sultan Sambaliung beserta istri

Sultan Gunung Tabur beserta istri, GKR Mangkubumi, Sultan Sambaliung beserta istri

Setelah sebelumnya menerima berbagai kunjungan tamu luar negeri, kali ini Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menerima kunjungan dari Kesultanan Sambaliung dan Kesultanan Gunung Tabur pada Rabu (12/4) pukul 15.00 WIB.

Kesultanan Sambaliung dan Kesultanan Gunung Tabur adalah dua kesultanan yang terdapat di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Keduanya merupakan hasil pemecahan Kesultanan Berau pada awal abad 19.

Adapun tamu yang berkunjung adalah Sultan Sambaliung, Datu Amir Bin Sultan M. Aminuddin, dan Sultan Gunung Tabur, H. Arm. Bachrul Hadi. Kedua sultan tersebut didampingi oleh istri masing-masing. Selain itu turut serta para tokoh, sesepuh, dan perwakilan dari lembaga adat suku, baik dari Kesultanan Sambaliung maupun Kesultanan Gunung Tabur.

Rombongan diterima oleh GKR. Mangkubumi, putri tertua Sri Sultan Hamengku Bawono Ka10, dalam acara ramah tamah di Kagungan Dalem Gedong Jene. Selain untuk silahturami, kunjungan ini juga bertujuan sebagai kajian dalam rangka meningkatkan pengelolaan cagar budaya.

Selepas acara ramah tamah, rombongan tamu diajak berkeliling untuk melihat museum-museum yang ada di Keraton Yogyakarta. Pada pukul 16.30 WIB, kunjungan ini berakhir dan rombongan bertolak meninggalkan Keraton Yogyakarta.

TATA PEMERINTAHAN