Info Terkini

Menteri Pendidikan Belanda Berkunjung ke Keraton Yogyakarta

3202 | Sabtu, 18 Februari 2017 admin Delegasi Belanda bersama GKR Condrokirono. Sumber: Tepas Tandha Yekti

Delegasi Belanda bersama GKR Condrokirono. Sumber: Tepas Tandha Yekti

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Negara Belanda, dr. M. (Jet) Bussemaker bersama staf dan jajarannya berkunjung ke Keraton Yogyakarta pada hari Rabu, tanggal 15 Februari 2017 lalu. Rombongan tiba di Pelataran Kamandhungan Lor, atau yang sering disebut dengan Pelataran Keben, pada pukul 11.00 WIB. Puteri kedua Sri Sultan Hamengku Bawono Ka10, GKR Condrokirono, menyambut rombongan tepat di depan Regol Kamandhungan Lor.

Sebelumnya, rombongan Bussemaker melakukan kunjungan kerja di Kepatihan dan diterima langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X guna menjajaki rencana kerjasama dengan Universitas Belanda. Sri Sultan berharap agar kerja sama tersebut dapat membuka peluang bagi para mahasiswa di wilayah Yogyakarta untuk mengembangkan diri.

Di keraton, Bussemaker diajak dan diantar langsung oleh GKR Condrokirono berkeliling melihat koleksi dan benda bersejarah yang terdapat di Museum HB IX, Museum Kristal, dan Museum Batik. Kunjungan ke keraton ini murni sebagai lawatan budaya dan sebagai bentuk penghargaan akan kekayaan tradisi yang dimiliki Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, kedua belah pihak saling memberikan cinderamata sebagai bentuk persahabatan.

Setelah sekitar satu jam berada di keraton, Bussemaker dan rombongan meninggalkan keraton dan bertolak menuju Jakarta.

TATA PEMERINTAHAN