Info Terkini

Keraton Yogyakarta Luncurkan Tutorial Sekar Macapat Volume 2

377 | Minggu, 17 Oktober 2021 admin

Usai meluncurkan Tutorial Sekar (Tembang) Macapat Volume 1 pada 2020 lalu, respons positif dari masyarakat membuat Abdi Dalem KHP Kridhomardowo Karaton Ngayogyakarta kembali bersemangat untuk menghadirkan rangkaian video Tutorial Sekar Macapat Volume 2. “Kami mengapresiasi antusias masyarakat atas tanggapan dan respons yang baik pada peluncuran video tutorial Macapat tahun 2020 lalu,” ungkap KPH Notonegero selaku Penghageng KHP Kridhomardowo. Rangkaian video tutorial yang diluncurkan pada Selasa, 12 Oktober 2021 pukul 19.00 WIB ini terdiri dari 11 tembang macapat.

Syair kesebelas tembang macapat menyadur dari teks Sapa Aruh Sri Sultan Hamengku Buwono X selama bulan Februari hingga Juli tahun 2021. Tema besar dari masing-masing tembang berkisar tentang ajakan untuk menyikapi adanya pandemi Covid-19, vaksinasi, beserta tata cara hidup sehat agar terhindar dari penyakit.


Sebagai contoh, Sekar Macapat Mijil Sekarsih Laras Slendro Pathet Manyura yang menceritakan awal mula pandemi di Indonesia dan ajakan untuk berdoa siang-malam agar terhindar dari wabah tersebut. Kemudian, Sekar Macapat Kinanthi Sekar Gadhung Laras Pelog Pathet Bem yang menjelaskan tentang vaksinasi Covid-19, dan tembang-tembang lain bertema serupa.

Selain dua tembang tadi, terdapat 9 tembang macapat lain yang diluncurkan yaitu: Sinom Grandhel Laras Pelog Pathet Barang, Asmaradana Kedhaton Laras Slendro Pathet Manyura, Gambuh Panglipur Laras Slendro Pathet Manyura, Dhandhanggula Kanyut Laras Pelog Pathet Bem, Durma Dhendharangsang Laras Slendro Pathet Manyura, Pangkur Ngrenas Laras Pelog Pathet Bem, Megatruh Wuluh Gadhing Laras Slendro Pathet Manyura, Pocung Madusita Laras Pelog Pathet Barang, dan Mas Kumambang Limrah Laras Pelog Pathet Bem.

Tidak hanya menyajikan tembang berbahasa Jawa, video Tutorial Sekar Macapat Volume 2 juga memuat cakepan (syair) tembang dalam aksara latin dan aksara Jawa. Setiap video juga dilengkapi pembahasan mengenai makna setiap tembang, serta tertera notasi yang akan memudahkan untuk pembelajaran.


Peluncuran rangkaian video Tutorial Sekar Macapat Volume 2 juga bertepatan dengan waktu penyelenggaraan prosesi Miyos Gangsa untuk menandai rangkaian Hajad Dalem Sekaten setiap tanggal 5 Mulud dalam kalender Jawa. Namun dikarenakan situasi masih belum memungkinkan digelar Hajad Dalem Sekaten seperti tahun-tahun sebelumnya, kehadiran tutorial ini diharapkan tetap dapat menyemarakkan bulan Mulud.

“Harapan kami, semoga serangkaian video Tutorial Sekar Macapat Volume 2 bisa menjadi pegingat bahwa pada masa pandemi yang memang serba sulit ini, kita harus tetap kuat, terus berusaha menjaga diri dan sekitar dengan sebaik-baiknya, dan tentunya makin rajin berdoa kepada Tuhan Yang Mahakuasa agar dijauhkan dari marabahaya,” papar Kanjeng Notonegoro. 

Seluruh tutorial Macapat dapat disaksikan melalui pranala berikut.

Tutorial Sekar (Tembang) Macapat Volume 1 

 

Tutorial Sekar (Tembang) Macapat Volume 2 

TATA PEMERINTAHAN