Sri Sultan Menerima Muhammadiyah Award

img_Gs24Zk0.jpg
Minggu, 19 November 2017 admin

Sri Sultan Hamengku Buwono VII terkesan dengan kecakapan beragama salah satu Abdi Dalem-nya yang memiliki asma paring Dalem Ngabdul Darwis. Sultan kemudian mengirim Ngabdul Darwis ke Mekah untuk mendalami agama Islam. Kembali dari Mekah, Ngabdul Darwis yang kemudian dikenal sebagai Kiai Haji Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah.

Keraton Menyambut Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY

img_9jFdPUE.jpg
Rabu, 25 Oktober 2017 admin

Keraton Yogyakarta menjadi tuan rumah bagi tiga acara dari rangkaian Mangayubagya Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Masa Bakti 2017-2022. Ketiganya adalah Tasyakuran bersama Habib Lutfi bin Ali bin Yahya pada Jumat (20/10) malam di Bangsal Pagelaran, Gelar Budaya Rakyat pada Minggu (22/10) malam juga di Bangsal Pagelaran, dan Doa Syukur Lintas Agama pada Selasa (24/10) sore di gedung Sasono Hinggil Dwi Abad.

Jamasan Pusaka Dal 1951 J, Ritual Tahunan untuk Merawat Pusaka

img_rD6bw3l.jpg
Selasa, 17 Oktober 2017 admin

Hujan berhenti tak lama sebelum ritual Siraman, atau Jamasan Pusaka, dilaksanakan oleh Keraton Yogyakarta pada hari Selasa Kliwon (17/10), tanggal 26 Sura tahun Jawa. Ritual ini dilaksanakan setahun sekali tiap Selasa Kliwon pada bulan Sura. Atau apabila tidak terdapat hari Selasa Kliwon pada bulan itu, maka Siraman dilakukan pada hari Jumat Kliwon. Siraman atau Jamasan, yang berarti memandikan, bertujuan untuk membersihkan dan merawat pusaka-pusaka milik keraton.

Rangkaian upacara Jamasan Pusaka diawali sekitar pukul 10.00 pagi dengan Jamasan pada pusaka yang berupa tombak, Kanjeng Kiai Ageng Plered, di kawasan Kedhaton. Setelah Kanjeng Kiai Ageng Plered selesai dijamas, barulah proses jamasan pada pusaka-pusaka lain dimulai.

Mubeng Beteng Dal 1951 sebagai Peringatan Malam Pergantian Tahun Jawa

img_3A4FP1O.jpg
Sabtu, 23 September 2017 admin

Malam 1 Sura atau malam tahun baru dalam perhitungan kalender Jawa jatuh pada hari Jumat (22/9). Dalam rangka memperingati malam pergantian tahun tersebut, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Hajad Kawula Dalem Mubeng Beteng pada hari Kamis (21/9) malam. Mubeng beteng sendiri merupakan lampah budaya. Sarana masyarakat melakukan introspeksi atas apa yang terjadi di tahun yang telah berlangsung sembari memohon kepada Yang Maha Kuasa agar tahun yang akan datang lebih baik dari pada tahun kemarin.

Peringatan pergantian tahun kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena kebetulan malam ini memasuki tahun Dal. KRT Wijoyopamungkas menjelaskan bahwa, “Tahun Dal adalah tahun yang lebih istimewa bagi orang Jawa karena merupakan tahun wiwitan atau tahun permulaan dari tahun Jawa yang memiliki siklus delapan tahun.”

Keraton Yogyakarta dalam Festival Keraton Nusantara XI

img_mpcZsxe.jpg
Selasa, 19 September 2017 admin

Pada tanggal 15 – 19 September 2017, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat berperan serta dalam Festival Keraton Nusantara XI yang bertempat di Kota Cirebon, Jawa Barat. Permaisuri Sri Sultan Hamengku Bawono ka 10, GKR Hemas didampingi puteri kedua dan keempat, GKR Condrokirono dan GKR Hayu, turut hadir mewakili Keraton Yogyakarta.  

Selain sebagai agenda pertemuan Raja dan Ratu Nusantara, rangkaian acara festival ini juga memfasilitasi masing-masing kerajaan untuk mengenalkan identitas diri melalui pementasan kesenian dan upacara adat, pagelaran busana, kirab agung prajurit, dan pameran benda-benda pusaka keraton. Hal ini selaras dengan tujuan festival yang diharapkan mampu menjadi media untuk mengenalkan, melestarikan, dan juga mempromosikan warisan seni budaya keraton yang ada di seluruh nusantara.

Memperingati Idul Adha 1438 H, Keraton Yogyakarta Gelar Garebeg Besar Je 1950

img_0ks95vy.jpg
Rabu, 06 September 2017 admin

Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1438 H, Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Garebeg Besar Je 1950 atau tahun 2017 Masehi pada hari Sabtu (2/9). Serupa dengan Garebeg Sawal yang telah diselenggarakan di akhir bulan Juni lalu, rangkaian upacara ini diawali dengan Gladhen Prajurit pada hari Minggu (27/8). Kemudian dilanjutkan upacara Numplak Wajik pada hari Rabu (30/8) pukul 15.30 yang dipimpin oleh puteri sulung Sultan, GKR Mangkubumi, di Panti Pareden, Kemagangan.

Gladhen Prajurit merupakan gladi bersih bregada prajurit yang nanti pada pelaksanaan Garebeg akan menempuh rute Pratjimosono, Magangan, Kedhaton, Sitihinggil, Pagelaran, dan berakhir di Alun-Alun Utara. Selain gladi bersih, juga telah dilakukan gladi kotor sebanyak tiga kali.

Menjadi Indonesia

img_BS9CBFo.jpg
Selasa, 05 September 2017 admin

Kami Presiden Republik Indonesia, menetapkan: Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengku Buwono Senopati ing Ngalaga Abdurrakhman Sayidin Panatagama Kalifatullah ingkang Kaping IX ing Ngayogyakarta Hadiningrat, pada kedudukannya, dengan kepercayaan bahwa Sri Paduka Kanjeng Sultan akan mencurahkan segala pikiran, tenaga, jiwa dan raga untuk keselamatan daerah Yogyakarta sebagai bagian dari Republik Indonesia

Jakarta, 19 Agustus 1945 Presiden Republik Indonesia

ttd

Soekarno.

Pawiyatan Aksara Jawi bagi Abdi Dalem Memasuki Angkatan ke-4

img_k7N1Wj3.jpg
Kamis, 10 Agustus 2017 admin

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat sangat kental dengan suasananya yang serba Jawa, baik dari segi busana, tata krama, kuliner, juga bahasa. Karena itu Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Widyabudaya memprakarsai penyelengaraan Pawiyatan Aksara Jawi bagi para Abdi Dalem Keraton Yogyakarta sejak tahun 2016.

Pawiyatan Aksara Jawi merupakan kelas di mana para Abdi Dalem belajar menulis dan membaca aksara Jawa. Pawiyatan tersebut digelar secara rutin, tiga angkatan dalam setahun. Masing-masing berdurasi tiga bulan dengan dua kali pertemuan dalam satu minggu, yakni hari Selasa dan Kamis pukul 10.00-12.00.

GKR Mangkubumi dan KPH Wironegoro Mewisuda 310 Abdi Dalem

img_2f2y5Df.jpg
Sabtu, 22 Juli 2017 admin

Pada hari Selasa Wage (18/07) diselenggarakan Wisudan Abdi Dalem di Keraton Yogyakarta. Acara ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan dua kali dalam setahun. Biasa diadakan pada bulan Bakda Mulud dan bulan Sawal bagi para Abdi Dalem yang minggah pangkat (naik pangkat), kalenggahan, dan pangkat enggal (menerima pangkat baru).

Keraton Yogyakarta Gelar Hajad Dalem Garebeg Sawal Je 1950

img_twAmaXt.jpg
Minggu, 02 Juli 2017 admin

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menghelat Hajad Dalem Garebeg Sawal Je 1950 atau 2017 M pada hari Senin (26/6). Sebelumnya, juga telah diselenggarakan upacara Numplak Wajik pada hari Jumat (23/6) dan Gladhi Resik Prajurit pada hari Sabtu (24/6).

Perhelatan Hajad Dalem Ngabekten Sambut Perayaan Idul Fitri 1438 H

img_E0Unhqa.jpg
Sabtu, 01 Juli 2017 admin

Pada hari Senin (26/6) dan Selasa (27/6), Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menghelat Hajad Dalem Ngabekten Tahun Je 1950 atau 2017 M. Pesowanan Ngabekten Kakung (laki-laki) diselenggarakan pada hari pertama, sementara Ngabekten Putri (perempuan) dan Ngabekten Mirunggan diselenggarakan keesokan harinya. Ngabekten sendiri merupakan tata cara untuk menghaturkan rasa hormat, dalam hal ini kepada Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10, layaknya tradisi sungkeman yang dilakukan oleh masyarakat Jawa pada umumnya.

Keraton Yogyakarta Menyambut Lailatul Qadar

img_OsO0rhn.jpg
Sabtu, 17 Juni 2017 admin

Tiap tanggal 20 Ramadhan, atau bulan Pasa pada penanggalan Jawa, Keraton Yogyakarta menyelenggarakan acara Malam Selikuran. Malam Selikuran adalah acara untuk menyambut lailatul qadar yang akan tiba pada sepuluh hari di akhir bulan Ramadhan. Namanya diambil dari kata selikur, yang berarti 21. Pada tahun 2017 ini, Malam Selikuran jatuh pada Kamis, tanggal 15 Juni.

Pawiyatan Abdi Dalem Angkatan ke-17 Resmi Ditutup

img_NneQVvH.jpg
Senin, 05 Juni 2017 admin

Pada hari Kamis, 31 Mei lalu, Pawiyatan Abdi Dalem Angkatan ke-17 resmi ditutup. Peserta Pawiyatan Abdi Dalem adalah Abdi Dalem Punakawan dan Abdi Dalem Keprajan. Setiap pawiyatan memiliki 60 peserta. Pada tahun 2017 ini, pawiyatan diselenggarakan enam kali dalam satu tahun dan terdiri dari 8 pertemuan dalam 4 minggu. Pertemuan tersebut diadakan setiap hari Senin dan Kamis agar para Abdi Dalem masih bisa bekerja di hari lainnya.

Kunjungan Para Puteri Sri Sultan Hamengku Bawono ka 10 ke Masjid Pathok Negara

img_gXwrodC.jpg
Kamis, 18 Mei 2017 admin

Terdapat banyak masjid yang dibangun oleh kerajaan-kerajaan Islam Nusantara, termasuk di Yogyakarta. Masjid-masjid yang dibangun atas perintah atau prakarsa sultan disebut dengan istilah Masjid Kagungan Dalem. Diantara sekian banyak Masjid Kagungan Dalem, dikelompokkan lagi ke dalam golongan Masjid Keprabon, Masjid Prabot, Masjid Pathok Negara dan Masjid Paring Dalem


Bangsal Kencana dan Gedhong Prabayeksa Ditutup Sementara untuk Renovasi

img_y350sgo.jpg
Kamis, 11 Mei 2017 admin

Setelah renovasi terhadap Siti Hinggil pada tahun 2016 lalu, tahun 2017 ini dilakukan renovasi terhadap dua bangunan lain di Keraton Yogyakarta, yakni Bangsal Kencana dan Gedhong Prabayeksa. Sejak Rabu (3/5), kedua bangunan tersebut ditutup karena adanya proses renovasi yang direncanakan berakhir pada bulan November tahun ini.

Peringatan Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Bawono ka 10 ke-29

img_pKaU4vh.jpg
Senin, 01 Mei 2017 admin

Tiap tahun Keraton Yogyakarta memperingati hari penobatan sultan yang sedang bertakhta. Rangkaian kegiatan ini dikenal sebagai Tingalan Jumenengan Dalem. Tingalan Jumenengan Dalem bagi Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 diperingati tiap tanggal 29 Rejeb Tahun Jawa.

Kesultanan Sambaliung dan Gunung Tabur Bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta

img_van1Pmw.jpg
Sabtu, 15 April 2017 admin

Setelah sebelumnya menerima berbagai kunjungan tamu luar negeri, kali ini Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menerima kunjungan dari Kesultanan Sambaliung dan Kesultanan Gunung Tabur pada Rabu (12/4) pukul 15.00 WIB.

Ketua Mahkamah Agung Federasi Rusia Kunjungi Keraton Yogyakarta

img_ZzI4R2O.jpg
Rabu, 22 Maret 2017 admin

Pada Sabtu (18/3) siang pukul 13.00 WIB, Ketua Mahkamah Agung Federasi Rusia, Vyancheslav M. Lebedev mengunjungi Keraton Yogyakarta. Beliau datang bersama dengan rombongan pejabat daerah dan diterima oleh KPH Notonegoro, suami dari GKR Hayu, putri Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10.

GKR Bendara Menerima Kunjungan Dubes Jerman di Keraton

img_ge91ZaT.jpg
Sabtu, 11 Maret 2017 admin

GKR Bendara menyambut kunjungan wisata Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Michael von Ungern Stenberg pada Kamis (9/3) pukul 12.00 WIB. Sebelumnya, rombongan Duta Besar Jerman telah berdialog dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Kantor Kepatihan.

Peringatan 270 Tahun Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat

img_WFcNN8f.jpg
Rabu, 01 Maret 2017 admin

Pada 13 Maret 1755 (29 Jumadil Awal, Jimawal 1680), atau sebulan setelah ditandatanganinya Perjanjian Giyanti (13 Februari 1755), Pangeran Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengku Buwono I pindah dari Pesanggrahan Ambarketawang ke Keraton Yogyakarta yang baru saja dibangun dan meresmikan Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadininingrat. Untuk memperingati 270 tahun peristiwa yang jatuh pada 26 Februari 2017 (29 Jumadil Awal, Jimawal 1950) tersebut, Keraton Yogyakarta mengadakan serangkaian kegiatan.

Menteri Pendidikan Belanda Berkunjung ke Keraton Yogyakarta

img_UO8hNbp.jpg
Sabtu, 18 Februari 2017 admin

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Negara Belanda, dr. M. (Jet) Bussemaker bersama staf dan jajarannya berkunjung ke Keraton Yogyakarta pada hari Rabu, tanggal 15 Februari 2017 lalu. Rombongan tiba di Pelataran Kamandhungan Lor, atau yang sering disebut dengan Pelataran Keben, pada pukul 11.00 WIB. Puteri kedua Sri Sultan Hamengku Bawono Ka10, GKR Condrokirono, menyambut rombongan tepat di depan Regol Kamandhungan Lor.

Keraton Yogyakarta Gelar Peringatan Ulang Tahun Sultan dan Wisuda Abdi Dalem

img_4XTDtNI.jpg
Senin, 30 Januari 2017 admin

Keraton Yogyakarta baru saja menggelar Tingalan Dalem Tahunan dan Wisuda Abdi Dalem pada hari yang sama, Sabtu 28 Januari 2017.

Tingalan Dalem Tahunan, atau peringatan Ulang Tahun Sultan dalam kalender Jawa, jatuh setiap tanggal 29 Bakdamulud. Peringatan ini diwujudkan dalam upacara Sugengan yang digelar di Tratag Bangsal Kencana mulai pukul 09.00 WIB, dan dibuka dengan doa oleh Penghageng Pengulon, KRT Kamaludiningrat.

Dalam upacara ini disajikan 73 Tumpeng Yuswo dengan lauk gudangan dan 71 Tumpeng Yuswo dengan lauk dendeng age, sambel krecek, dan perkedel. Angka 73 melambangkan usia Sultan dalam tahun Jawa sedang angka 71 melambangkan usia Sultan dalam tahun Masehi.

Selamat datang di situs resmi Kraton Jogja!

img_016io53.jpg
Jumat, 23 Desember 2016 admin

Setelah melalui proses panjang, sejak hari ini situs resmi dari Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat resmi diluncurkan. Terdapat beberapa alasan untuk menampilkan wajah keraton seisinya ke dalam dunia maya. Pertama, bermula dari banyaknya permintaan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akurat terkait sejarah, peristiwa serta kekayaan budaya di Keraton Yogyakarta. Dewasa ini banyak beredar buku-buku atau situs-situs di dunia maya yang memuat berbagai informasi tentang keraton. Sayangnya, seringkali informasi dari satu pihak dengan pihak yang lainnya berbeda-beda. Dari sisi internal keraton, penerbitan buku dengan Dinas atau sponsor telah dilakukan. Hanya saja frekuensi penerbitan nyatanya berjarak sangat lama. Mengingat karakter masyarakat saat ini yang sangat haus akan informasi, maka sejak beberapa tahun silam timbul rencana untuk membuat situs resmi Kraton Jogja.

TATA PEMERINTAHAN