Merayakan Hari Anak di Gya! Dolan Sesarengan

Menyemarakkan peringatan Hari Anak Nasional, Keraton Yogyakarta menyelenggarakan Festival Anak melalui Gya! Dolan Sesarengan 2024. Tahun ini menjadi perayaan kedua setelah sukses diselenggarakan perdana pada 2023 lalu. Mengambil tema ‘Dolanan Bocah Agawe Bungah’, Gya! Dolan Sesarengan 2024 dilaksanakan pada 27 – 28 Juli 2024, pukul 09.00 – 15.00 WIB di Kagungan Dalem Wahanarata. 

001

Gusti Kanjeng Ratu Bendara bertindak sebagai Penghageng Kawedanan Hageng Nitya Budaya membuka rangkaian acara dengan melakukan read aloud (membacakan nyaring). Sebuah cerita anak yang dibawakan mengajarkan makna tentang pentingnya rajin belajar dan ajakan yang menarik bagi anak-anak. Permainan tradisional dari bambu yang biasa disebut sebagai ‘klotokan’ kemudian diputar bersama untuk menyemarakkan pembukaan acara. 

003

Pengadaan Gya! Dolan Sesarengan 2024 di Kagungan Dalem Wahanarata menjadi arena yang cocok karena melihat faktor aksesibilitas dan peraturan yang ada. KRT Condrokusuma sebagai Kepala Unit Museum Wahanarata menuturkan bahwa, “Melalui Gya! Dolan Sesarengan, anak-anak diharapkan bisa kembali lagi ke permainan tradisional yang sarat makna dan edukasi. Agenda ini juga kemudian mendukung Museum Wahanarata sebagai bagian pariwisata Keraton Yogyakarta yang ramah anak.”

004

Selama dua hari penyelenggaraan, Gya! Dolan Sesarengan 2024 mampu menggaet 15.701 pengunjung. Melihat jumlah pengunjung yang memadati area festival menjadi salah satu poin keberhasilan penyelenggaraan. Gya! Dolan Sesarengan 2024 dimeriahkan dengan beragam agenda pendukung yang menarik, baik itu untuk anak-anak maupun orang tua. Agendanya berupa konsultasi psikologis, arena bermain, pemutaran film, lokakarya, dan arena interaktif anak. 

005

Agenda utamanya adalah mengunjungi Pasar Bungah dengan 29 kios menarik. Orang tua dan anak-anak dapat mengeksplorasi jajanan pasar, bahan makanan sehat, kios buku, dan ragam hasil hasta karya. Tepat di ujung Pasar Bungah, terdapat mini stage yang digunakan untuk gelar wicara dan pertunjukan anak-anak. Pak Agung bercerita dengan konsep read aloud di sana, terdapat Sanggar Kinanti Sekar yang unjuk kebolehan, dongeng anak dari Mentari, dan pertunjukan Tari Klana Topeng dari penarik cilik Keraton Yogyakarta. 

006

Tidak hanya berhenti di situ saja, Kemendikbudristek menghadirkan ‘Bioskop Bocah’ secara gratis. Tercatat enam jadwal pemutaran film anak setiap harinya. Anak-anak juga dapat menikmati arena permainan bertajuk ‘Dolanan Bocah’ atas kerja sama dengan Kampung Hompimpa. Anak-anak dapat memainkan permainan anak tradisional tanpa dibatasi waktu. 

Agenda Turangga juga tentunya tetap dilaksanakan selama 2 hari penuh selama Gya! Dolan Sesarengan 2024. Pengunjung bisa berkeliling Museum Wahanarata dengan berkuda atau hanya sekadar memberi makan kepada kuda.

007

Lokakarya anak menjadi agenda yang tidak boleh dilewatkan. Kebersamaan anak dan orang tua dituangkan dalam ‘Dolanan Sesarengan’ oleh Omah Perden. Guru Bumi juga menghadirkan arena bermain sembari belajar untuk balita secara gratis. Selain itu, anak-anak dapat melakukan lokakarya berbayar lainnya seperti membuat keramik, penggunaan busana adat untuk anak, tari gaya Yogyakarta, melukis celengan, dan fotografi. 

Buku saku menjadi petualangan menarik bagi orang tua dan buah hati. Setiap bertransaksi di Pasar Bungah, mengikuti lokakarya, menonton bioskop, atau bermain di arena permainan, anak-anak akan mendapatkan stiker yang bisa ditempel di buku saku. Setiap minimal pengumpulan stiker bisa ditukarkan dengan voucer belanja di Pasar Bungah, gratis masuk museum, atau hadiah menarik dari Keraton Yogyakarta.

008

Harapannya agenda ini merupakan arena dan ajang kedekatan orang tua dan anak. Tidak hanya itu saja, anak-anak juga dapat diajak untuk mengeksplorasi diri dan lingkungan. Festival Anak Keraton Yogyakarta akan dilaksanakan kembali tahun depan, jangan lupa datang dan kunjungi Gya! Dolan Sesarengan 2025 ya!. Sampai jumpa, mari bergembira dan bermain bersama.