Talk Show: Kendhangan Ketawang Gaya Yogyakarta dan Launching Kendhangan Ketawang

img_Yz6B5ad.jpg
Sabtu, 11 September 2021 admin

Pada Senin Pon (30/8) lalu, KHP Kridhomardowo menyelenggarakan gelar wicara (Talk Show) bertajuk Kendhangan Ketawang Gaya Yogyakarta dan Peluncuran (Launching) Notasi Kendhangan Ketawang. Agenda gelar wicara ini merupakan kali kedua yang digelar dalam rangka Uyon-Uyon Hadiluhung Selasa Wage. Acara ini disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kraton Jogja pukul 19.00 WIB di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti. Para narasumber, Abdi Dalem dan kerabat kerja yang bertugas telah mengikuti tes swab dengan hasil negatif. Protokol kesehatan yang ketat diterapkan selama acara berlangsung.

Jamasan Pusaka Alip 1955 Masih Digelar Tertutup

img_7U3AJAM.jpg
Senin, 23 Agustus 2021 admin

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat baru saja menggelar Hajad Dalem Jamasan Pusaka. Jamasan Pusaka, disebut juga Siraman Pusaka, merupakan ritual tahunan yang dilaksanakan oleh keraton setiap Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon di bulan Sura. Kata “siraman” atau “jamasan” berasal dari bahasa Jawa, yang berarti memandikan atau membersihkan. Tujuan dari prosesi ini adalah membersihkan dan merawat benda-benda pusaka milik keraton.

Keraton Yogyakarta Sukses Gelar Webinar dan Workshop Internasional Budaya Jawa 2021

img_FvoVW9L.jpg
Selasa, 17 Agustus 2021 admin

Keraton Yogyakarta memperingati Ulang Tahun Penobatan (Tingalan Jumenengan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X sejak tahun 2019 salah satunya dengan Simposium Internasional Budaya Jawa. Tak hanya agenda tersebut, Keraton Yogyakarta juga menghadirkan pameran seputar budaya Jawa bertempat di kompleks keraton dan terbuka untuk umum. 

Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Menggelar Doa Bersama Sambut Tahun Baru Jawa 1 Suro Alip 1955

img_Ap3yN5P.jpg
Minggu, 15 Agustus 2021 admin

Peringatan menyambut pergantian tahun baru Jawa 1 Suro Alip 1955/1 Muharram 1443 H, digelar tanpa Lampah Mubeng Beteng. Pada malam 1 Suro, masyarakat Yogyakarta biasanya mengadakan Lampah Mubeng Beteng atau mengelilingi benteng Keraton Yogyakarta. Prosesi tersebut dilakukan dengan tapa bisu atau tanpa berbicara sebagai sarana introspeksi diri sembari berjalan kaki mengelilingi benteng keraton. Sebagai gantinya, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta menyelenggarakan doa bersama. Hal ini berkaitan dengan pemberlakuan suasana tanggap darurat bencana pandemi CoViD-19 dan aturan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Agenda doa bersama juga hanya dihadiri oleh Abdi Dalem secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat.

Bojakrama, Pameran Jamuan di Keraton Yogyakarta Usai Digelar

img_gXWonPf.jpg
Sabtu, 07 Agustus 2021 admin

Sabtu (31/7) pukul 19.00 WIB, Keraton Yogyakarta secara resmi menutup Pameran Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta. Menandai penutupan pameran, GKR Bendara menyampaikan sambutan secara virtual melalui kanal Youtube Kraton Jogja. Sejak 2 April, pameran bertema boga dan perjamuan di keraton digelar dalam rangka Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem ke-32 Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pameran semula direncanakan berakhir pada Minggu (27/6), kemudian diperpanjang selama satu bulan melihat apresiasi dan antusias masyarakat Yogyakarta saat mengunjungi pameran. 

Talk Show: Launching Gendhing Soran Volume 1 dan Beksan Anak Keraton Yogyakarta

img_PloqVau.jpg
Jumat, 06 Agustus 2021 admin

KHP Kridhomardowo Keraton Yogyakarta pada Senin (26/7) lalu mengadakan Talk Show: Launching Gendhing Soran Volume 1 dan Beksan Anak Keraton Yogyakarta. Gelar wicara (Talk Show) disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kraton Jogja pukul 19.00 WIB di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti. Agenda ini digelar untuk menggantikan Uyon-Uyon Hadiluhung Selasa Wage yang biasanya menyajikan serangkaian gendhing dan tarian. Gelar wicara diselenggarakan secara tertutup, para pembicara dan Abdi Dalem yang bertugas telah melakukan tes swab dengan hasil negatif. Protokol kesehatan yang ketat diterapkan selama acara berlangsung.

Tetap Patuhi Prokes, Pembagian Ubarampe Gunungan Garebeg Besar Digelar Terbatas

img_zVvUeoP.jpg
Rabu, 21 Juli 2021 admin

Hajad Dalem Garebeg Besar, 10 Besar Jimakir 1954/ 20 Juli 2021 kembali ditiadakan. Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat masih menggelar pembagian ubarampe gunungan sebagai ganti upacara Garebeg yang digelar tiga kali dalam setahun. Peniadaan ini berkaitan dengan imbauan pemerintah untuk memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Pameran Bojakrama Memasuki Bulan Ketiga

img_lA8p36q.jpg
Selasa, 13 Juli 2021 admin

Gelaran Pameran Bojakrama kini telah memasuki bulan ketiga. Sejak dibuka pada Jumat pagi (2/4) oleh GKR Bendara selaku Penghageng KHP Nityabudaya sekaligus Ketua Panitia, Pameran Bojakrama telah menarik lebih dari 10.000 wisatawan. Perhitungan ini didasarkan pada jumlah penjualan tiket di loket pariwisata Keraton Yogyakarta yang ada di area Keben.

Wisudan Abdi Dalem 12 Dulkangidah Jimakir 1954 J

img_DIO3nJU.jpg
Minggu, 27 Juni 2021 admin

Bertempat di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan, Keraton Yogyakarta melaksanakan Wisudan Abdi Dalem pada Selasa Wage (22/06) atau 12 Dulkangidah Jimakir 1954. Sejumlah 214 Abdi Dalem Keraton Yogyakarta terdiri dari 136 Abdi Dalem Reh Punakawan dan 78 Abdi Dalem Reh Kaprajan menjalani wisuda. Abdi Dalem yang diwisuda dari Reh Punakawan terdiri dari; 2 Bupati Kliwon, 2 Bupati Sepuh, 6 Bupati Anom, 1 Riya Bupati Anom, 20 Wedana, 10 Penewu, 15 Lurah, 23 Bekel Sepuh, 27 Bekel Anom, dan 30 Jajar. Sedangkan Abdi Dalem dari Reh Kaprajan terdiri dari; 3 Bupati Kliwon, 9 Bupati Sepuh, 9 Bupati Anom, 11 Riya Bupati Anom, 18 Wedana, 7 Penewu, 10 Lurah, 5 Bekel Sepuh, dan 6 Bekel Anom. Selain itu, terdapat 18 Abdi Dalem yang liyer (berganti tugas) dan miji (pensiun).

Peringati Hari Musik Sedunia, Keraton Yogyakarta Gelar Royal Orchestra dan Rilis Album Gendhing Soran Volume 1

img_vMjuE4d.jpg
Sabtu, 26 Juni 2021 admin

Bertepatan dengan Hari Musik Dunia/ Fete de la Musique (21/06), Keraton Yogyakarta kembali memulai babak baru dengan menggelar Royal Orchestra di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk menghormati musisi di seluruh dunia. Momentum ini bersamaan dengan pertunjukan Uyon-Uyon Hadiluhung yang digelar setiap Senin Pon-malam Selasa Wage.

Lurugan Bala Raseksi: Partisipasi Keraton Yogyakarta dalam International Mask Festival 2021

img_iHMI2bR.jpg
Rabu, 16 Juni 2021 admin

KHP Kridhomardowo Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat pada tahun ini ikut menyemarakkan gelaran International Mask Festival (IMF) 2021 dengan menampilkan “Lurugan Bala Raseksi”. International Mask Festival 2021 diselenggarakan secara daring dan luring, serta menampilkan berbagai seniman yang mengeksplorasi topeng dengan skala internasional.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 21 Juni 2021

img_nlYG2j9.jpg
Selasa, 15 Juni 2021 admin

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Pada bulan Dulkangidah ini, Uyon-Uyon akan menyajikan komposisi gendhing dan Beksan Srimpi Rangga Janur  di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti

Peringati Hari Teh Sedunia, Keraton Yogyakarta Gelar Jamuan Minum Teh Bersama

img_ML4cufZ.jpg
Kamis, 27 Mei 2021 admin

Keraton Yogyakarta turut merayakan Hari Teh Internasional (21/05). Momentum ini merupakan kali pertama bagi keraton memperingati hari teh sebagai bagian dari kegiatan pendukung Pameran Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta. Penetapan Hari Teh Internasional sejak 21 Mei 2019 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa bukan tanpa alasan. Perihal ini didasarkan pada panen raya sekaligus musim produksi teh yang dimulai pada bulan Mei. Di sisi lain, PBB menetapkan Hari Teh Internasional sebagai upaya mendukung produksi teh dengan kualitas terbaik sekaligus memberi dampak bagi masyarakat dari sisi kesehatan hingga sektor industri.

Pentas Musikan Mandalasana: Indonesia Raya Bergema

img_d8uXCUZ.jpg
Rabu, 26 Mei 2021 admin

Bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus Raja Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, meluncurkan Gerakan Indonesia Raya Bergema pada Kamis pagi (20/05) dari Gedhong Pracimasana Kepatihan. Agenda ini diinisiasi oleh Forum Yogyakarta untuk Indonesia (For You Indonesia) dan Pemerintah DIY, serta didukung oleh Keraton Yogyakarta, Pura Pakualaman, komunitas Pasar Beringharjo, SMA N 1 Pakem dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Agenda disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kraton Jogja dan Humas Jogja.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 17 Mei 2021

img_Rw5DBKo.jpg
Minggu, 16 Mei 2021 admin

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Pada bulan Sawal ini, Uyon-Uyon akan digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Hajad Dalem Garebeg Sawal Ditiadakan, Keraton Yogyakarta Bagikan Ubarampe Rengginang

img_An0vkY6.jpg
Minggu, 16 Mei 2021 admin

Bertepatan dengan perayaan Idulfitri 1442 Hijriyah pada Kamis, 13 Mei 2021/1 Sawal Jimakir 1954 tahun Jawa, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat sejatinya menggelar Hajad Dalem Garebeg Sawal dan Ngabekten. Namun dikarenakan situasi dan kondisi pandemi CoViD-19, maka kedua Hajad Dalem tersebut ditiadakan. Meski demikian, agar esensi nilai budaya masih lestari, Hajad Dalem Garebeg diganti dengan prosesi pembagian ubarampe gunungan Garebeg berupa rengginang sejumlah 2.700 tangkai. 

Keraton Yogyakarta Gelar Prosesi Hajad Dalem Malem Selikuran Jimakir 1954

img_nLDASgt.jpg
Selasa, 04 Mei 2021 admin

Memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan, Keraton Yogyakarta menggelar prosesi Malem Selikuran untuk menyambut malam Lailatulqadar. Agenda Malem Selikuran digelar pada 20 Ramadan/Pasa, Jimakir 1954, tahun ini bertepatan dengan Minggu Pon, 2 Mei 2021. Malem Selikuran berasal dari bahasa Jawa, malem yang berarti waktu malam dan selikur yang berarti dua puluh satu. Dua puluh satu merujuk pada tanggal 21 Pasa, yang menjadi hari pertama dari sepertiga akhir bulan puasa.

Peringati 32 Tahun Sultan Bertakhta, Keraton Menggelar Pameran Bojakrama

img_lerUk2h.jpg
Senin, 05 April 2021 admin

Keraton Yogyakarta kembali menggelar pameran dalam rangka memperingati ulang tahun ke-32 kenaikan takhta Sri Sultan Hamengku Buwono X berdasarkan tahun masehi. Kali ini Pameran Temporer Adhyatmaka mengusung tema jamuan dengan tajuk Bojakrama: Jamuan Kenegaraan Keraton Yogyakarta. Pemilihan diksi Bojakrama sebagai judul pameran diadaptasi dari bahasa Jawa yang berarti pesta dan perjamuan. Pameran ini dibuka pada Jumat Pagi (2/4) bertepatan dengan momentum ulang tahun ke-75 tahun Ngarsa Dalem, dan dihadiri oleh rekan media secara terbatas.

Mengirim Doa Untuk Leluhur, Keraton Yogyakarta Gelar Prosesi Kuthomoro

img_um6RqGG.jpg
Senin, 29 Maret 2021 admin

Sebelum memasuki bulan puasa, Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Kuthomoro. Agenda Kuthomoro berlangsung selama tiga hari pada 13-15 Ruwah menurut kalender Jawa, tahun ini bertepatan dengan 27-28 Maret 2021.

Menjaga Keselarasan Alam, Keraton Yogyakarta Gelar Labuhan Alit Tahun Jimakir 1954

img_Howd5vu.jpg
Kamis, 18 Maret 2021 admin

Menutup rangkaian Tingalan Jumenengan Dalem, Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Labuhan. Tahun ini Labuhan diselenggarakan di tiga tempat, yakni Pantai Parangkusuma, Gunung Merapi dan Gunung Lawu. Prosesi ini biasa disebut Labuhan Alit

Peringatan Ulang Tahun Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 ke-33

img_aE03i5m.jpg
Rabu, 17 Maret 2021 admin

Tingalan Jumenengan Dalem atau ulang tahun kenaikan takhta Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 tetap digelar meski dalam keterbatasan. Pasalnya, tahun ini Jimakir 1954/ 2021, Yogyakarta masih dalam kondisi pandemi. Berbagai agenda peringatan Tingalan Jumenengan Dalem digelar berdasarkan kalender Sultan Agungan, dimulai dengan Ngebluk (27 Rajab/ 11 Maret), Ngapem (28 Rajab/ 12 Maret), Sugengan (29 Rajab/ 13 Maret), dan Labuhan Parangkusuma (30 Rajab/ 14 Maret), serta Labuhan Lawu dan Merapi (1 Ruwah/ 15 Maret).

Peringati Isra Mikraj 1442 H, Keraton Yogyakarta Gelar Yasa Peksi Burak Jimakir 1954

img_FfWH8Mg.jpg
Selasa, 16 Maret 2021 admin

Setiap tanggal 27 Rajab tahun Jawa, tahun ini bertepatan dengan hari Rabu Kliwon, 10 Maret 2021, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat mengadakan Hajad Dalem Yasa Peksi Burak guna menandai peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW. Yasa memiliki arti membuat atau mengadakan. Peksi berarti burung dan Burak adalah Buraq, makhluk yang diyakini menjadi wahana Nabi Muhammad SAW saat melakukan perjalanan rohani Isra Mikraj untuk menerima perintah salat lima waktu. Hajad Dalem ini diawali dengan membuat sepasang Peksi Burak, dua pohon buah, dan empat pohon bunga.

Tingalan Jumenengan Dalem ke-32: Penanda Keterbukaan Keraton Akan Perubahan Zaman

img_9gNYoyp.jpg
Rabu, 10 Maret 2021 admin

Setiap tahun, Keraton Yogyakarta memperingati Ulang Tahun Kenaikan Takhta (Tingalan Jumenengan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Agenda peringatan dilakukan utamanya berdasarkan kalender Jawa. Peringatan dilakukan setiap tanggal 29 Rejeb. Pada tahun 2021, Tingalan Jumenengan Dalem diselenggarakan untuk memperingati 33 tahun bertakhta Sri Sultan Hamengku Buwono X menurut kalender Jawa yang bertepatan dengan Sabtu, 13 Maret 2021 (29 Rejeb, Tahun Jimakir 1954). Sementara itu, berdasarkan tahun Masehi, Sri Sultan Hamengku Buwono X genap bertakhta selama 32 tahun pada tanggal 7 Maret 2021.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 8 Maret 2021

img_KT87tb4.jpg
Minggu, 07 Maret 2021 admin

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Bulan ini, Uyon-Uyon akan kembali digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peringati Peristiwa 6 Jam di Jogja, Keraton Yogyakarta Gelar Pentas Musikan Mandalasana

img_2mIaP8n.jpg
Senin, 01 Maret 2021 admin

Serangan Oemoem (SO) 1 Maret 1949 merupakan salah satu peristiwa bersejarah di Yogyakarta tentang perjuangan dalam mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia. Setelah bertempur selama 6 jam, tentara bersama rakyat berhasil memukul mundur Belanda dan menduduki kembali Yogyakarta yang saat itu menjadi ibu kota Indonesia. Hal tersebut mendorong Abdi Dalem Musikan di bawah naungan KHP Kridhomardowo Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk kembali menampilkan Pentas Musikan Mandalasana bertajuk “6 Jam di Jogja”. Pentas ini digelar pada hari Senin, 1 Maret 2021 di Kagungan Dalem Bangsal Mandhalasana, tepat pukul 08.00 WIB, bersamaan dengan bunyi sirene peringatan Serangan Oemoem 1 Maret di beberapa titik di Yogyakarta.

KHP Kridhomardowo Keraton Yogyakarta Terima Abdi Dalem Secara Terbuka

img_gryLsoX.jpg
Rabu, 24 Februari 2021 admin

Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo, divisi kesenian dan pertunjukan di Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengabdikan diri menjadi Abdi Dalem.

Pameran Sang Adiwira:  Sri Sultan Hamengku Buwono II Resmi Ditutup

img_EHwlQrY.jpg
Minggu, 07 Februari 2021 admin

Pameran Temporer Adhyatmaka bertajuk Sang Adiwira: Sri Sultan Hamengku Buwono II yang diselenggarakan Kawedanan Hageng Punakawan Nityabudaya Keraton Yogyakarta resmi ditutup pada Minggu (31/01) pukul 18.45 WIB. GKR Bendara selaku Penghageng KHP Nityabudaya dan Ketua Pameran Sang Adiwira menyampaikan sambutan penutupan pameran secara virtual melalui kanal Youtube Kraton Jogja di Ruang Pameran Temporer, Pelataran Kedhaton.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 1 Februari 2021

img_0zzR5TU.jpg
Kamis, 28 Januari 2021 admin

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya, Uyon-Uyon kali ini akan diselenggarakan di Kagungan Dalem Bangsal Manis.

Mengawali 2021, Keraton Yogyakarta Menggelar Hajad Dalem Pertama: Hadeging Nagari ke-274

img_74QLLFm.jpg
Selasa, 12 Januari 2021 admin

Pandemi COVID-19 yang berlangsung sepanjang 2020 belum juga berakhir hingga awal 2021. Sejalan dengan situasi tersebut, gelaran Hadeging Nagari yang menjadi Hajad Dalem pertama keraton di tahun 2021 juga masih harus menjalani beberapa penyesuaian. 

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 28 Desember 2020

img_H8Vio68.jpg
Senin, 28 Desember 2020 admin

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Sama seperti bulan lalu, Uyon-Uyon kali ini akan digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Keraton Yogyakarta Gelar Sugengan Ulang Tahun Sultan dan Wisudan Bakda Mulud

img_p7hIABo.jpg
Selasa, 15 Desember 2020 admin

Keraton Yogyakarta baru saja menggelar Sugengan Wiyosan Dalem pada Selasa Kliwon, 15 Desember 2020 atau 29 Bakda Mulud Jimakir 1954. Tanggal 29 Bakda Mulud sendiri diperingati sebagai hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X menurut kalender Jawa. Upacara sugengan digelar di Tratag Bangsal Kencana mulai pukul 10.00 WIB dan diawali pembacaan doa yang dipimpin oleh Mas Ngabdul Ahmad Yusuf dari Abdi Dalem Kanca Kaji. Doa dipanjatkan untuk Sri Sultan Hamengku Buwono X agar senantiasa diberi kesehatan, berumur panjang serta Keraton Yogyakarta diliputi ketenteraman. Sebanyak 77 tumpeng disiapkan, sesuai dengan jumlah usia Sultan dalam tahun Jawa. Seusai doa bersama, tumpeng-tumpeng tersebut selanjutnya dibagikan ke seluruh tepas dan lingkup internal keraton.

Pahargyan Digitalisasi Aksara Jawa, Keraton Yogyakarta Hadirkan Beksan Ajisaka

img_HiqlDpv.jpg
Sabtu, 05 Desember 2020 admin

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat pertama kalinya menampilkan Beksan Ajisaka dalam Pahargyan Digitalisasi Aksara Jawa di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran, Sabtu (05/12) malam. Pahargyan ini diinisiatif oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kebudayaan) DIY dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube TasteOfJogja Disbud DIY. Acara ini dihadiri oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Hayu, KPH Notonegoro, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, Ketua PANDI, Paniradya Pati, dan segenap tamu undangan.

Sebulan Berjalan, Pameran Sang Adiwira Hadirkan Lebih dari 5000 Pengunjung

img_iPjTaWn.jpg
Jumat, 04 Desember 2020 admin

Pameran Temporer Adhyatmaka: Sang Adiwira Sri Sultan Hamengku Buwono II yang digelar oleh KHP Nityabudaya Keraton Yogyakarta telah berjalan sebulan setelah dibuka pada Kamis (29/10) lalu. Dalam pameran yang masih digelar hingga 31 Januari 2021 mendatang, masyarakat dari dalam dan luar Kota Yogyakarta nampak antusias menyelami sejarah Sri Sultan Hamengku Buwono II selama bertakhta hingga peristiwa yang menyertai.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 23 November 2020

img_5bTKlyG.jpg
Selasa, 17 November 2020 admin

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung. Sama seperti bulan Oktober lalu, Uyon-Uyon kali ini akan digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Peringati Hari Wayang Nasional 2020: Keraton Yogyakarta Luncurkan Koleksi Digital Ringgit Krucil

img_aNwNcjE.jpg
Minggu, 08 November 2020 admin

Dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional pada Sabtu, 7 November 2020, KHP Kridhomardowo meluncurkan koleksi digital Kagungan Dalem Ringgit Krucil Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Terkait situasi tanggap darurat pandemi, acara peluncuran digitalisasi Ringgit (wayang) Krucil digelar secara daring melalui aplikasi Zoom dan ditayangkan melalui kanal Youtube Kraton Jogja pada pukul 10.00 WIB.

Keraton Yogyakarta Gelar Pameran Temporer tentang Sri Sultan Hamengku Buwono II

img_JgnNc64.jpg
Minggu, 01 November 2020 admin

Kawedanan Hageng Punakawan Nityabudaya sebagai divisi yang bertanggung jawab atas museum dan arsip di Keraton Yogyakarta menyelenggarakan Pameran Temporer Adhyatmaka bertajuk SANG ADIWIRA : Sri Sultan Hamengku Buwono II. Pameran ini digelar di Ruang Pameran Temporer, Pelataran Kedhaton Keraton Yogyakarta mulai Kamis, 29 Oktober 2020 dan akan berakhir pada Minggu, 31 Januari 2021.

Rayakan Maulid Nabi, Keraton Yogyakarta Bagikan Rengginang dan Udhik-udhik

img_0Ct1yN4.jpg
Jumat, 30 Oktober 2020 admin

Keraton Yogyakarta melaksanakan prosesi pembagian ubarampe gunungan berupa rengginang, Kamis, 29 Oktober 2020 atau 12 Mulud Jimakir 1954/12 Rabiul Awal 1442 H. Prosesi ini dilakukan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Keraton Yogyakarta Rilis Album Gendhing Gati Volume 2

img_SnM11fw.jpg
Kamis, 29 Oktober 2020 admin

Bertepatan dengan peringatan ke-92 Hari Sumpah Pemuda, KHP Kridhomardowo Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat merilis Album Gendhing Gati Volume 2. Album ini berisi 18 gendhing, terdiri dari 16 judul Gendhing Gati dan 2 bonus track Gendhing Gangsaran. Dari 16 judul Gendhing Gati yang dirilis, 14 diantaranya merupakan gendhing lama yang direkam kembali, sementara 2 gendhing lainnya merupakan gendhing unggulan terbaru berjudul Gendhing Gati Taruna dan Gendhing Gati Bhinneka.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 19 Oktober 2020

img_ix43rzY.jpg
Sabtu, 17 Oktober 2020 admin

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X setiap Senin Pon malam Selasa Wage. Uyon-Uyon Hadiluhung kali ini akan digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti.

Keraton Yogyakarta Peringati Khaul Ageng Sri Sultan Hamengku Buwono IX

img_KW5HhRt.jpg
Kamis, 08 Oktober 2020 admin

Pada tanggal 21 Sapar Jimakir 1954 atau Kamis Pahing (08/10) malam, Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Khaul Ageng untuk memperingati hari wafat Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Khaul Ageng diadakan untuk mendoakan, memohon ampunan dan mengingat kembali jejak perjuangan Sri Sultan Hamengku Buwono IX semasa hidup.

Keraton Yogyakarta Hadirkan Bedhaya Sapta pada Puncak Peringatan Sewindu UU Keistimewaan

img_BGeuYxJ.jpg
Rabu, 09 September 2020 admin

Keraton Yogyakarta baru saja menampilkan Beksan Bedhaya Sapta pada agenda puncak peringatan Sewindu Undang-Undang Keistimewaan DIY di Amphiteater, Perpustakaan Grhatama Pustaka, Sabtu (05/09) malam. Momentum ini digelar bertepatan dengan peringatan Amanat 5 September, pada tanggal tersebut 75 tahun lalu, Keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman menyatakan bergabung dengan Republik Indonesia. Agenda ini dihadiri oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi GKR Hemas dan Putri Dalem, Sri Paduka Paku Alam X dan GKBRAy Adipati Paku Alam, serta tamu undangan lainnya.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 14 September 2020

img_fSFy5q2.jpg
Selasa, 08 September 2020 admin

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Agenda ini rutin diadakan setiap bulan pada Senin Pon malam Selasa Wage.

Peringatan Sewindu Undang-Undang Keistimewaan DIY

img_H1aNryo.jpg
Senin, 31 Agustus 2020 admin

Bergabungnya Kasultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman menjadi bagian dari Republik Indonesia pada 1945 merupakan awal mula perjalanan keistimewaan Yogyakarta. Setelah mengalami pasang surut pembahasan, status keistimewaan akhirnya diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditetapkan pada 31 Agustus 2012. Undang-Undang tersebut memuat diantaranya lima pokok kewenangan keistimewaan yaitu tata cara pengangkatan jabatan gubernur dan wakil gubernur, kelembagaan pemerintah daerah, kebudayaan, pertanahan, dan tata ruang.

Sambut Tahun Baru Jawa, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Gelar Doa Bersama

img_kMn09uA.jpg
Rabu, 19 Agustus 2020 admin

Rabu malam (19/8), Abdi Dalem Keraton Yogyakarta menggelar acara doa bersama di area Pelataran Kamandungan Lor (Keben). Acara tersebut diselenggarakan untuk menyambut datangnya tahun baru Jawa, 1 Suro Jimakir 1954. Berbeda dengan kebiasaan sebelumnya, Lampah Budaya Mubeng Beteng atau tapa bisu mengelilingi benteng Keraton Yogyakarta tidak digelar karena situasi pandemi.

Sambut HUT Ke-75 RI, KHP Kridhomardowo Luncurkan Album Gendhing Gati Volume 1

img_OqImK7x.jpg
Senin, 17 Agustus 2020 admin

Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, KHP Kridhomardowo Keraton Yogyakarta merilis Album Gendhing Gati Volume 1. Album ini berisi 17 judul gendhing gati, terdiri dari 16 gendhing rekaman lama serta 1 gendhing unggulan terbaru berjudul Gendhing Gati Mardika.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 10 Agustus 2020

img_VPF7OGl.jpg
Rabu, 05 Agustus 2020 admin

Setiap Senin Pon malam Selasa Wage, secara rutin Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Tiadakan Garebeg Besar, Keraton Yogyakarta Bagikan Ubarampe Rengginang

img_H256Rq2.jpg
Jumat, 31 Juli 2020 admin

Masih dalam masa tanggap darurat bencana CoViD-19, pelaksanaan Hajad Dalem Garebeg Besar sebagai peringatan Hari Raya Iduladha 1441 H di Keraton Yogyakarta pada Jumat Pon (31/7) atau 10 Besar Wawu 1953 ditiadakan. Meski demikian, Keraton Yogyakarta tetap membagikan ubarampe gunungan berupa rengginang. Prosesi ini juga merupakan wujud konsistensi Keraton Yogyakarta melestarikan tradisi meski dalam suasana pandemi.

Keraton Yogyakarta Luncurkan Font Baru Untuk Notasi Gendhing Gamelan

img_paZlEBb.jpg
Kamis, 23 Juli 2020 admin

Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo, sebagai departemen yang mengurusi seni pertunjukan di Keraton Yogyakarta hari ini (23/7) meluncurkan font atau jenis huruf baru untuk penulisan notasi gendhing gamelan. Jenis huruf baru tersebut diberi nama Font Kridhamardawa. Font ini diharapkan bisa menyempurnakan font yang sudah ada dan lazim digunakan oleh pegiat seni karawitan.

Keraton Yogyakarta Lakukan Uji Coba Prosedur Kebiasaan Baru

img_EZJ9g0C.jpg
Selasa, 21 Juli 2020 admin

Keraton Yogyakarta tengah melakukan uji coba operasional terbatas di empat museum keraton dengan prosedur kebiasaan baru, sejak Rabu (8/7) lalu. Keempat museum keraton, antara lain: Museum Keraton Pagelaran, Museum Kedhaton, Museum Kereta Keraton, dan Tamansari. Adaptasi kebiasaan baru ini dilakukan seiring dengan pertumbuhan sektor pariwisata di Yogyakarta pascapandemi CoViD-19. Meski demikian, upaya untuk menciptakan kunjungan pariwisata yang aman dan nyaman terus dilakukan.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 6 Juli 2020

img_zK1j2qF.jpg
Kamis, 02 Juli 2020 admin

Uyon-uyon Hadiluhung merupakan acara yang digelar oleh Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat setiap malam Selasa Wage untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Uyon-uyon Hadiluhung Senin Pon 6 Juli 2020 mendatang akan menyajikan komposisi gendhing dan tari Beksan Etheng.

Upacara Tedhak Siten RM Suryonegoro, Putra Pertama GKR Hayu dan KPH Notonegoro

img_oA06uF3.jpg
Minggu, 28 Juni 2020 admin

Minggu Kliwon (28/6) siang di Pendapa Keraton Kilen berlangsung upacara tedhak siten Raden Mas Manteyyo Kuncoro Suryonegoro, putra pertama GKR Hayu dan KPH Notonegoro, yang kini telah berusia 10 bulan. RM Suryonegoro merupakan cucu keenam Ngarsa Dalem. Selain ungkapan syukur atas tumbuh kembang sang buah hati, tujuan upacara tedhak siten yang bermakna ‘turun tanah’ juga untuk mengenalkannya pada tanah sebagai ruang hidup dan belajar.

Wisudan Abdi Dalem Sawal Wawu 1953 J digelar Sederhana

img_RUrcCx9.jpg
Kamis, 04 Juni 2020 admin

Setiap tahun, Keraton Yogyakarta menggelar dua kali Wisudan Abdi Dalem yaitu pada bulan Bakda Mulud dan bulan Sawal. Berkaitan dengan adanya pandemi Covid-19, Wisudan Abdi Dalem tahun ini digelar sederhana. Prosesi Wisudan Abdi Dalem dilaksanakan oleh Parentah Hageng untuk Abdi Dalem Reh Punakawan dan Tepas Dwarapura untuk Abdi Dalem Reh Kaprajan. Selain itu, Abdi Dalem yang mengikuti wisuda diwajibkan untuk menggunakan masker, menjaga jarak, serta menggunakan penyanitasi tangan sebelum menerima serat kekancingan.

Jaga Esensi Garebeg, Keraton Yogyakarta Bagikan Ubarampe Gunungan

img_u00MN8I.jpg
Minggu, 24 Mei 2020 admin

Pada peringatan Idulfitri 1441 H/Wawu 1953 atau Minggu (24/5), Keraton Yogyakarta meniadakan Hajad Dalem Garebeg Sawal dan Ngabekten. Kebijakan ini diambil guna mendukung anjuran pemerintah dan menyesuaikan kondisi tanggap darurat pandemi Covid-19. Meski demikian, Keraton Yogyakarta tetap membagikan ubarampe gunungan berupa rengginang sejumlah 2.700 buah.

Kuthomoro, Tradisi Keraton Mengirim Doa di Bulan Ruwah

img_QjlUdYj.jpg
Selasa, 07 April 2020 admin

Setiap tahun pada bulan Ruwah, Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Kuthomoro. Prosesi ini bertujuan untuk mengirim doa kepada para leluhur Keraton Yogyakarta yang telah dikebumikan di makam-makam Kagungan Dalem. Hal tersebut diutarakan oleh Carik Kawedanan Pengulon Keraton Yogyakarta Mas Wedana Ngabdul Busaeri, “Tradisi yang konon telah ada sejak masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I ini bertujuan untuk mengirimkan kawilujengan, doa, dan kebaikan kepada para leluhur Keraton Yogyakarta.”

Labuhan Ageng Tahun Wawu 1953

img_KudhJGY.jpg
Senin, 30 Maret 2020 admin

Kegiatan terakhir yang menandai rangkaian Tingalan Jumenengan Dalem adalah upacara labuhan. Tahun ini labuhan digelar di empat tempat, yakni Pantai Parangkusumo, Gunung Merapi, Gunung Lawu, dan Hutan Dlepih. Selain diadakan pada tahun Dal, Labuhan Ageng di empat lokasi juga digelar pada tahun Wawu, yang bertepatan dengan tahun peringatan penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Prosesi labuhan diawali dengan pemberangkatan ubarampe ke tempat labuhan yang dipimpin oleh KPH Purbodingrat, KPH Notonegoro dan KPH Yudonegoro di Bangsal Sri Manganti pada Rabu Kliwon, 30 Rejeb atau 25 Maret 2020 pukul 08.00 WIB.

Tumbuk Tahun Tingalan Jumenengan Dalem ke-32

img_cJYmvUs.jpg
Jumat, 27 Maret 2020 admin

Sri Sultan Hamengku Buwono X resmi bertakhta selama 32 tahun pada 29 Rejeb, Wawu 1953 J. Tahun ini sangat istimewa karena menjadi siklus windu ke-4 dari peringatan Tingalan Jumenengan Dalem. Sehingga, perhitungan hari dan tahun peringatan akan tepat terjadi pada hari Selasa Wage pada Tahun Wawu seperti 32 tahun lalu. Peristiwa ini disebut juga dengan istilah Tumbuk.

Yasa Peksi Burak Wawu 1953, Peringatan Isra Mikraj di Keraton Yogyakarta

img_WbV9iFm.jpg
Senin, 23 Maret 2020 admin

Untuk memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1441 H, Keraton Yogyakarta kembali menggelar Hajad Dalem Yasa Peksi Burak. Peksi Burak atau burung buraq dipercaya sebagai wahana Nabi Muhammad saat melakukan perjalanan rohani untuk menerima perintah salat lima waktu. Prosesi ini digelar setiap tanggal 27 Rejeb tahun Jawa, yang pada tahun ini bertepatan dengan Hari Sabtu Legi Malem Minggu Pahing, 21 Maret 2020.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 23 Maret 2020

img_OkPmSPT.jpg
Minggu, 22 Maret 2020 admin

Setiap Senin Pon malam Selasa Wage, secara rutin Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Perkuat Hubungan Bilateral, Raja-Ratu Belanda Melawat ke Keraton Yogyakarta

img_xGAXrwv.jpg
Rabu, 11 Maret 2020 admin

Raja Kerajaan Belanda Willem-Alexander beserta istri, Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti dan rombongan melawat ke Keraton Kasultanan Yogyakarta, Rabu (11/03) pukul 10.00 pagi. Rombongan pada awalnya diterima oleh para Putri dan Mantu Dalem yakni GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, KPH Wironegoro, KPH Purbodiningrat, dan KPH Yudonegoro di Regol Kamandungan Lor (Keben).

Simposium Internasional Budaya Jawa: “Busana dan Peradaban Keraton Yogyakarta”

img_hYgo2r5.jpg
Selasa, 10 Maret 2020 admin

Pementasan Beksan Lawung Ringgit oleh KHP Kridhomardowo menjadi suguhan pembuka dalam Simposium Internasional Budaya Jawa “Busana dan Peradaban Keraton Yogyakarta” yang berlangsung pada 9-10 Maret 2020 di Kasultanan Ballroom Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Acara yang diikuti oleh sekitar 500 peserta ini merupakan bagian dari rangkaian Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Rangkaian Kegiatan Peringatan Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Buwono X

img_uEaLiGd.jpg
Sabtu, 07 Maret 2020 admin

Pada Hari Selasa Wage, 7 Maret 1989 atau 29 Rejeb. Tahun Wawu 1921, KGPH Mangkubumi dinobatkan sebagai Raja ke-10 Keraton Kasultanan Yogyakarta dengan gelar Sri Sultan Hamengku Buwono X. Selanjutnya, setiap tanggal 29 Rejeb akan digelar peringatan ulang tahun penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono X atau Tingalan Jumenengan Dalem. Secara tradisional, Tingalan Jumenengan Dalem terdiri atas rangkaian beberapa kegiatan seperti Ngebluk, Ngapem, Sugengan, dan Labuhan. Dalam perhitungan Kalender Jawa, tahun ini Sri Sultan Hamengku Buwono X genap bertakhta selama 32 tahun pada tanggal 29 Rejeb Tahun Wawu 1953 atau bertepatan dengan 24 Maret 2020. Tahun ini sangat istimewa karena akan menjadi siklus windu ke-4 peringatan Tingalan Jumenengan Dalem. Sehingga perhitungan hari dan tahun peringatan akan tepat terjadi pada Hari Selasa Wage pada Tahun Wawu. Peristiwa ini disebut juga dengan istilah Tumbuk Ageng.

Pembukaan Pameran Abalakuswa: Hadibusana Keraton Yogyakarta

img_s9rTUnW.jpg
Sabtu, 07 Maret 2020 admin

Bertepatan dengan ulang tahun ke-31 penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono X berdasarkan kalender masehi, pada Sabtu Malam (07/03) diadakan resepsi pembukaan pameran bertajuk Abalakuswa: Hadibusana Keraton Yogyakarta di Bangsal Pagelaran. Pameran ini juga menjadi agenda awal dalam rangkaian Tingalan Jumenengan Dalem 2020.

Jogja Kembali: Pentas Musikan Mandalasana Peringati SO 1 Maret 1949

img_4FHz8Pa.jpg
Minggu, 01 Maret 2020 admin

Peristiwa Serangan Oemoem (SO) 1 Maret 1949 merupakan satu babak penting dalam sejarah revolusi kemerdekaan Indonesia. Selama 6 jam, tentara bersama rakyat dapat menduduki Yogyakarta yang waktu itu menjadi ibu kota Indonesia. Keberhasilan ini mengantarkan Indonesia untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan sebagai negara yang merdeka. Untuk memperingati peristiwa bersejarah ini, Keraton Yogyakarta kembali menggelar Pentas Musikan Mandalasana bertajuk “Jogja Kembali”, Minggu (01/03) di Bangsal Mandalasana.

Muhibah Mataraman di Purworejo, Keraton Yogyakarta Pentaskan Beksan Nyakrakusuma dan Golek Menak

img_gqRKVJO.jpg
Kamis, 20 Februari 2020 admin

Keraton Yogyakarta bersama Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta baru saja menggelar lawatan Muhibah Budaya Mataraman ke Purworejo, Jawa Tengah. Serangkaian kegiatan pendukung acara telah digelar sejak Kamis, 20 Februari 2020, diantaranya workshop macapat, workshop penulisan aksara Jawa, workshop pengageman (berbusana Jawa gaya Yogya) dan workshop tari Golek Menak.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 17 Februari 2020

img_Dv4E414.jpg
Rabu, 12 Februari 2020 admin

Setiap Senin Pon (malam Selasa Wage), Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat rutin menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Presiden Republik Singapura Kunjungi Keraton Yogyakarta

img_ETwTIwL.jpg
Rabu, 05 Februari 2020 admin

Presiden Republik Singapura Halimah Yacob bersama suami, Mohammed Abdullah Alhabshee, beserta jajarannya berkunjung ke Keraton Yogyakarta pada Rabu (05/02) malam. Rombongan tiba di Regol Kamandungan Lor pada pukul 19.00 WIB dan diterima para Putri Dalem yakni GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Hayu, GKR Bendara beserta Mantu Dalem KPH Wironegoro dan KPH Notonegoro.

Peringatan Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke-273

img_iMD3ERU.jpg
Sabtu, 25 Januari 2020 admin

Setiap tanggal 29 Jumadil Awal, Keraton Yogyakarta menggelar peringatan Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat. Peringatan ke-273 tahun ini jatuh pada hari Sabtu (25/01). Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk mengenang peringatan berdirinya Kasultanan Yogyakarta diselenggarakan serangkaian acara yang berlangsung selama dua hari.

Pentas Musikan Mandalasana Kembali Digelar

img_MWYrsdy.jpg
Minggu, 12 Januari 2020 admin

Keraton Yogyakarta kembali menggelar pentas musikan di Bangsal Mandalasana. Setelah sukses pada pentas sebelumnya dengan tajuk Mandalasana untuk Bineka, kini pentas musikan dikemas dengan mengundang penampil dari luar. Pada Minggu (12/01), Keraton Yogyakarta memberi kesempatan kepada siswa-siswi SMK N 2 Kasihan atau Sekolah Menengah Musik (SMM) untuk tampil kemahiran memainkan instrumen tiup.

Peringati Wiyosan Dalem Tahun Jawa, Wisudan Abdi Dalem Digelar Jumat

img_OQzlBqn.jpg
Jumat, 27 Desember 2019 admin

Sebanyak 267 Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang terdiri dari 175 Abdi Dalem Reh Punokawan dan 92 Abdi Dalem Reh Keprajan menjalani wisuda pada Jumat Legi (27/12) atau 29 Bakda Mulud Wawu 1953 . Tanggal 29 Bakda Mulud sendiri merupakan hari ulang tahun Sultan (Wiyosan Dalem) dalam kalender Jawa.

Upacara Tedhak Siten RM Radityo, Putra Kedua GKR Bendara dan KPH Yudanegara

img_xJuQCkg.jpg
Minggu, 24 November 2019 admin

GKR Bendara dan KPH Yudanegara menggelar upacara Tedhak Siten untuk buah hati kedua, Raden Mas Radityo Mandhala Yudo, yang telah menginjak usia satu tahun. RM Radityo merupakan cucu kelima Ngarsa Dalem. Upacara berlangsung pada Minggu (24/11) pukul 14.00 – 15.30 WIB di Pendapa Keraton Kilen. Hadir dalam upacara ini Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta GKR Hemas, para Putri Dalem, Mantu Dalem, keluarga besan, dan segenap tamu undangan.

Keraton Yogyakarta dalam Perayaan Warisan Budaya Tak Benda 2019

img_v3hHFj8.jpg
Minggu, 24 November 2019 admin

Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Malam Puncak Perayaan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) 2019 di Lapangan Parkir Museum Purbakala Pleret, Bantul, Yogyakarta pada Minggu (24/11). Pada malam itu diserahkan sertifikat WBTB DIY dari Gubernur kepada Bupati/Walikota atas 27 warisan budaya yang telah ditetapkan di tahun 2018 lalu. Tujuh di antaranya merupakan beksan atau tarian dari Keraton Yogyakarta.

KHP Kridhamardawa Luncurkan Digitalisasi Kotak Wayang Habirandha Sepuh

img_uoobYwJ.jpg
Kamis, 07 November 2019 admin

Bertepatan dengan Hari Wayang Sedunia, KHP Kridhamardawa menggelar launching hasil digitalisasi ringgit (wayang) Kagungan Dalem koleksi kotak Habirandha Sepuh pada Kamis (7/11) bertempat di Bangsal Pagelaran. Acara peluncuran ini dimulai pukul 19.30 WIB dan dihadiri oleh akademisi, budayawan, penggemar wayang kulit, serta masyarakat umum.

Keraton Yogyakarta Resmi Buka Pameran Sekaten 2019

img_i17L9jy.jpg
Jumat, 01 November 2019 admin

Setiap tahun, sebagai bagian dari rangkaian Hajad Dalem Garebeg Mulud, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Pameran Sekaten. Tahun ini, Pameran Sekaten dikonsep secara tematik dengan mengusung tema “Sri Sultan Hamengku Buwono I: Menghadang Gelombang, Menantang Zaman.”

Sambut Sumpah Pemuda, Keraton Yogyakarta Pentaskan Mandhalasana untuk Bhinneka

img_Hrh4Mx7.jpg
Minggu, 27 Oktober 2019 admin

Minggu (27/10), tepat pukul 09:30 WIB, suara korps musik prajurit Keraton Yogyakarta terdengar mengiringi langkah para Abdi Dalem Musikan yang akan menggelar pentas “Mandhalasana untuk Bhinneka”. Selain menyambut Sumpah Pemuda, pentas kali ini diselenggarakan untuk menggaungkan semangat kebhinekaan dari Yogyakarta.

Gelaran Seni dalam Muhibah Budaya Mataraman di Kabupaten Wonosobo

img_5ce9yZe.jpg
Kamis, 24 Oktober 2019 admin

Keraton Yogyakarta bersama Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Muhibah Budaya Mataraman ke Kabupaten Wonosobo (24-26/10). Agenda ini bertujuan untuk menjadi jembatan dalam melestarikan Budaya Mataraman di daerah yang memiliki keterikatan dengan Keraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta Gelar Khaul Ageng Sri Sultan Hamengku Buwono IX Wawu 1953 J/2019 M

img_Qj8C5sb.jpg
Senin, 21 Oktober 2019 admin

Setiap tanggal 21 bulan Sapar, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Hajad Dalem Khaul Ageng untuk memperingati hari wafat Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Tahun ini, Khaul Ageng dilaksanakan pada Senin Pon (21/10) pukul 19.30 WIB.

Keraton Yogyakarta Gelar Jamasan Pusaka Wawu 1953

img_hFnG5ux.jpg
Selasa, 17 September 2019 admin

Setiap tahun di bulan Sura, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Hajad Dalem Jamasan Pusaka yang dilaksanakan di dalam dan di luar keraton. Tujuan dari prosesi ini adalah membersihkan benda-benda pusaka milik Keraton Yogyakarta dengan air bunga dan jeruk nipis agar bersih dan terawat.

Keraton Yogyakarta Berpartisipasi dalam Festival Keraton Nusantara XIII

img_ZUKmSEr.jpg
Sabtu, 07 September 2019 admin

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali berpartisipasi dalam Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII di Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro turut hadir sebagai pemimpin rombongan keraton dan bertolak ke Kota Palopo sejak Sabtu (7/9) siang.

Penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X

img_WYuD4fs.jpg
Kamis, 05 September 2019 admin

Sri Sultan Hamengku Buwono X dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa bidang Pendidikan Karakter Berbasis Budaya oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Kamis (5/9). Gelar kehormatan tersebut diberikan karena konsistensi Ngarsa Dalem menjaga karakter kebangsaan dengan menerapkan budaya sebagai induk kehidupan masyarakat Yogyakarta.

Raja Malaysia Melawat ke Kasultanan Yogyakarta

img_Kx4gE0p.jpg
Kamis, 29 Agustus 2019 admin

Raja Malaysia Yang Dipertuan-Agong XVI Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah ditemani istri, Permaisuri Agong Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariyah, serta putri berikut jajarannya berkunjung ke Keraton Yogyakarta pada Rabu (28/08) siang. Rombongan diterima para Putra Dalem yakni GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Bendara beserta Mantu Dalem KPH Purbodiningrat dan KPH Notonegoro di Regol Kamandungan Lor pukul 11.30 WIB.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 26 Agustus 2019

img_AAXUHzW.jpg
Minggu, 25 Agustus 2019 admin

Uyon-Uyon Hadiluhung merupakan acara rutin yang digelar setiap Senin Pon (malam Selasa Wage) dalam rangka memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kelahiran Putera GKR Hayu & KPH Notonegoro

img_HUis28v.jpg
Jumat, 23 Agustus 2019 admin

GKR Hayu, puteri keempat Sri Sultan Hamengku Buwono X, telah melahirkan buah cintanya dengan KPH Notonegoro pada Hari Minggu 18 Agustus 2019. Cucu keenam Sri Sultan ini diberi nama Raden Mas Manteyyo Kuncoro Suryonegoro lahir secara normal di Rumah Sakit Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta.

Semangat Persatuan Indonesia dari Abdi Dalem Musikan Keraton Yogyakarta

img_sCKln6G.jpg
Minggu, 18 Agustus 2019 admin

Instrumental Lagu Indonesia Raya berkumandang di Keraton Yogyakarta pada Minggu pagi, 18 Agustus 2019. Lantunan musik ini dibawakan oleh sekelompok Abdi Dalem dari dalam Bangsal Mandhalasana yang berhias ornamen alat-alat musik barat. Sebelumnya, prosesi kedatangan para pemusik tersebut diiringi oleh suara tetabuhan khas prajurit keraton dari area Kasatriyan menuju Bangsal Mandhalasana pada pukul 09:30 WIB.

Hajad Dalem Garebeg Besar Be 1952 J/2019 M

img_1tj0FSe.jpg
Senin, 12 Agustus 2019 admin

Senin Wage (12/8), Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Hajad Dalem Garebeg Besar Be 1952 J/2019 M sebagai peringatan Hari Raya Idul Adha. Pada pelaksanaan Garebeg Besar ini, terdapat tujuh gunungan yang dibagikan ke tiga tempat berbeda. Lima gunungan yang terdiri atas Gunungan Kakung, Gunungan Estri, Gunungan Gepak, Gunungan Darat, dan Gunungan Pawuhan dibagikan di Masjid Gedhe, sedangkan dua Gunungan Kakung lainnya masing-masing dibagikan di Pura Pakualaman dan Kompleks Kepatihan. Ketujuh gunungan ini selalu muncul pada pelaksanaan Garebeg setiap tahun. Khusus Garebeg Maulud di tahun Dal terdapat satu tambahan, yakni Gunungan Bromo.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 22 Juli 2019

img_o2LJp7c.jpg
Senin, 22 Juli 2019 admin

Uyon-Uyon Hadiluhung merupakan acara yang rutin digelar setiap malam Selasa Wage untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Acara ini bersifat tertutup untuk umum namun disiarkan langsung pukul 21.00-24.00 melalui Youtube dan Periscope Kraton Jogja, juga melalui kanal RRI Yogyakarta (Pro 1 & Pro 4).

Selain menyajikan komposisi gendhing, Uyon-Uyon Hadiluhung pada Senin Pon tanggal 22 Juli 2019 juga menyajikan tari Srimpi Kandha.

Wisuda Abdi Dalem Sawal Be 1952 J

img_CgONPMB.jpg
Kamis, 20 Juni 2019 admin

Sebanyak 245 Abdi Dalem Keraton Yogyakarta dari Reh Punokawan dan Kaprajan menjalani wisuda pada Selasa Wage, 14 Sawal Be 1952 J atau Selasa (18/6). Jumlah tersebut terdiri dari 147 Abdi Dalem Reh Punokawan dan 76 Abdi Dalem Reh Kaprajan. Bertempat di Bangsal Kasatriyan, prosesi wisuda dimulai pukul 10.00 pagi.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 17 Juni 2019

img_aZGb1W3.jpg
Senin, 17 Juni 2019 admin

Uyon-Uyon Hadiluhung merupakan acara yang rutin digelar setiap malam Selasa Wage untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Acara ini bersifat tertutup untuk umum namun disiarkan langsung pukul 21.00-24.00 melalui Youtube dan Periscope Kraton Jogja, juga melalui kanal RRI Yogyakarta (Pro 1 & Pro 4).

Garebeg Sawal dan Ngabekten Be 1952

img_LPHKdcw.jpg
Sabtu, 08 Juni 2019 admin

Terdapat dua agenda utama yang dilaksanakan Keraton Yogyakarta setiap memeringati Idulfitri, yakni Garebeg Sawal dan Ngabekten. Pada tahun ini, pelaksanaan Garebeg Sawal digelar pada Rabu (5/6) mulai pukul 8.00 pagi. Tujuh buah gunungan dikeluarkan dari keraton pada pukul 11.00 siang dan dibagikan ke Masjid Gedhe, Kantor Kepatihan, dan Puro Pakulaman.

Malem Selikuran Be 1952 J di Keraton Yogyakarta

img_aqeXVKm.jpg
Senin, 27 Mei 2019 admin

Setiap tanggal 20 bulan Pasa, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Hajad Dalem Malem Selikuran guna menyambut datangnya Lailatul Qadar. Pada tahun 2019 ini, Malem Selikuran diperingati pada Sabtu (25/5) mulai pukul 16.30 bertempat di Bangsal Sri Manganti. Prosesi dipimpin oleh GKR Mangkubumi yang didampingi oleh GKR Bendara dan GKR Condrokirono. Turut hadir pula para penghageng, wakil penghageng, carik, kahartakan, serta perwakilan dari tepas-tepas dan kawedanan yang ada di keraton.

Tingalan Jumenengan Dalem ke-31 Tahun Be 1952 J

img_arcKRQJ.jpg
Kamis, 11 April 2019 admin

Sri Sultan Hamengku Buwono X telah resmi bertakhta selama 31 tahun pada 29 Rejeb, Be 1952 J. Rangkaian Hajad Dalem untuk merayakan Tingalan Jumenengan Dalem telah diselenggarakan sejak tanggal 26 Rejeb atau pada Rabu, 3 April 2019 M.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 8 April 2019

img_cQkfbvq.jpg
Senin, 08 April 2019 admin

Uyon-Uyon Hadiluhung merupakan acara yang rutin digelar setiap malam Selasa Wage untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Acara ini bersifat tertutup untuk umum namun disiarkan langsung melalui Youtube dan Periscope Kraton Jogja mulai pukul 21.00 dan juga melalui kanal RRI Yogyakarta (Pro 1 & Pro 4).

Yasa Peksi Burak Be 1952, Peringatan Isra' Mi'raj Keraton Yogyakarta

img_8WqANZN.jpg
Jumat, 05 April 2019 admin

Setiap tahunnya, Isra` Mi`raj di Keraton Yogyakarta diperingati dengan Yasa Peksi Burak. Peringatan dilaksanakan setiap tanggal 27 Rajab tahun Jawa, yang tahun ini jatuh pada Selasa tanggal 2 April 2019. Prosesi dimulai pukul 9.00 pagi di Bangsal Sekar Kedhaton, Kompleks Keputren, dan dipimpin oleh putri sulung Sultan, GKR Mangkubumi.

Simposium Budaya Jawa dan Pameran Manuskrip Keraton Yogyakarta

img_0lHLjh5.jpg
Selasa, 12 Maret 2019 admin

Peringatan 30 tahun bertakhtanya Sri Sultan Hamengku Buwono X berdasar kalender Masehi disemarakkan dengan kegiatan simposium internasional yang dilaksanakan pada tanggal 5 - 6 Maret dan pameran naskah pada 7 Maret - 7 April 2019

Uyon-Uyon Adiluhung Senin Pon 4 Maret 2019

img_QzDIKdU.jpg
Minggu, 03 Maret 2019 admin

Uyon-Uyon Adiluhung merupakan acara yang rutin digelar setiap malam Selasa Wage untuk memeringati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Acara ini bersifat tertutup untuk umum namun disiarkan langsung melalui Youtube dan Periscope Kraton Jogja mulai pukul 21.00 dan juga melalui RRI Yogyakarta (Pro 1 & Pro 4).

Uyon-uyon Hadiluhung Senin Pon 28 Januari 2019

img_GKpIaFZ.jpg
Selasa, 29 Januari 2019 admin

Uyon-uyon Adiluhung rutin digelar setiap malam Selasa Wage untuk memeringat hari kelahiran (Wiyosan Dalem) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Acara ini bersifat tertutup untuk umum namun disiarkan langsung melalui Youtube dan Periscope Kraton Jogja mulai pukul 21.00 dan juga melalui RRI Yogyakarta (Pro 1 & Pro 4)

Restorasi Lukisan Raden Saleh

img_bzosCq2.jpg
Selasa, 15 Januari 2019 admin

Keraton Yogyakarta melakukan konservasi dan restorasi koleksi lukisan miliknya. Restorasi dilakukan pada dua lukisan cat minyak karya Raden Saleh Boestaman, yaitu lukisan Sri Sultan Hamengku Buwono VI dan lukisan permaisurinya, GKR Hageng. Proses konservasi dan restorasi pada kedua lukisan tersebut dilakukan selama bulan Januari dan Februari 2019.

Sultan Mengangkat Pangeran Baru pada Wisuda Abdi Dalem

img_RE9a0Xs.jpg
Rabu, 09 Januari 2019 admin

Keraton Yogyakarta memberi anugerah gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) kepada KRT Probonegoro, atau yang dahulu dikenal sebagai RM Sinangjono. Beliau adalah putra dari GBPH Hadinegara, putra Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Pemberian gelar tersebut dilakukan pada prosesi Wisuda Abdi Dalem yang digelar Keraton Yogyakarta pada Senin (7/1) mulai pukul 10.00 di Bangsal Kasatriyan. Terdapat 262 Abdi Dalem yang menjalani wisuda, terdiri dari 168 Abdi Dalem Reh Punokawan dan 94 Abdi Dalem Reh Keprajan.

Upacara Sekaten dan Garebeg Mulud Be 1952

img_l9LzMwg.jpg
Sabtu, 24 November 2018 admin

Keraton Yogyakarta baru saja selesai melaksanakan seluruh rangkaian Sekaten. Sekaten kali ini digelar pada 14-21 November 2018. Rangkaian upacara Sekaten dimulai dari Miyos Gangsa, Numplak Wajik, Kondur Gangsa, Garebeg, dan Bedhol Songsong.

Keraton Yogyakarta Memperkuat Kehadiran Budaya Jawa di Amerika

img_6kta6X9.jpg
Kamis, 15 November 2018 admin

Sri Sultan beserta tim kesenian Keraton Yogyakarta tiba kembali dengan selamat di Yogyakarta setelah melakukan kunjungan kebudayaan ke Amerika Serikat pada tanggal 5-13 November 2018. Kunjungan ini dalam rangka memenuhi undangan dari Wesleyan University yang terletak di negara bagian Connecticut. Universitas ini telah membuka program musik dan tari Jawa sejak tahun 1960-an. Selain itu, Wesleyan University memiliki perangkat gamelan gaya Yogyakarta buatan Kota Gede yang masih aktif dimainkan hingga saat ini.

Kawedanan Pengulon Keraton Yogyakarta Gelar Pengajian Malam Jumat Legi

img_d0trUxn.jpg
Rabu, 03 Oktober 2018 admin

Pada Kamis malam (27/9) pukul 20.30, Kawedanan Pengulon Keraton Yogyakarta menyelenggarakan Pengajian Malam Jumat Legi di Kagungan Dalem Serambi Masjid Gedhe. Pengajian ini diikuti oleh kurang lebih 200 jamaah dari berbagai kalangan.

Kegiatan pengajian diawali dengan pembacaan shalawat untuk Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang dipimpin oleh Habib Zein Rifqi Bin Ahmad Al Jailani. Pembacaan shalawat diikuti oleh seluruh jamaah yang hadir dan diiringi rebana dari Majelis Ta’lim Darulhasyimi Yogyakarta, kemudian disambung dengan Mujahadah oleh KH. Misbahul Munir dari Lempuyangan.

Hajad Dalem Jamasan Pusaka Be 1952

img_Ia1fye6.jpg
Rabu, 03 Oktober 2018 admin

Terdapat dua ritual adat yang diselenggarakan di Keraton Yogyakarta tiap bulan Sura, Hajad Kawula Dalem Mubeng Beteng dan Hajad Dalem Jamasan Pusaka.

Hajad Kawula Dalem Mubeng Beteng yang menandai pergantian tahun Jawa diselenggarakan pada Selasa, 11 September 2018 atau 30 Besar 1951 J. Prosesi ini merupakan sarana intropeksi atas apa yang terjadi di tahun lalu sembari memohon kepada Yang Maha Kuasa agar tahun yang akan datang lebih baik dari pada tahun yang telah lalu. Rombongan masyarakat yang turut dalam Lampah Budaya Mubeng Beteng berangkat dari Plataran Kamandhungan Lor pada pukul 24.00, mereka dilepas oleh GKR Mangkubumi yang saat itu didampingi oleh KPH Purbodiningrat.

Presiden Senat Parlemen Republik Ceko Kunjungi Keraton Yogyakarta

img_fFo6qxe.jpg
Sabtu, 22 September 2018 admin

Delegasi Republik Ceko yang dipimpin oleh Presiden Senat Parlemen, Mr. Milan Stech, mengunjungi Keraton Yogyakarta pada Hari Selasa (18/9) malam. Selain Presiden Senat Parlemen beserta istri, turut hadir Duta Besar Republik Ceko, Ivan Hotek, beserta beberapa anggota Chamber of Commerce Republik Ceko.

Perayaan Garebeg Besar Dal 1951 Keraton Yogyakarta

img_mEMxhew.jpg
Jumat, 24 Agustus 2018 admin

Rabu (22/8), Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Garebeg Besar Dal 1951 J/2018 M. Garebeg merupakan wujud perayaan hari besar Islam di keraton. Seperti halnya Garebeg di tahun-tahun sebelumnya, persiapan pembuatan gunungan telah dimulai sejak sebulan sebelum rangkaian prosesi Garebeg dimulai.

Pada tahun ini, Numplak Wajik dan Gladhi Resik Prajurit sebagai persiapan untuk Garebeg Besar dilaksanakan bersamaan pada hari Minggu (19/8). Pelaksanaan Numplak Wajik dipimpin oleh GKR. Maduretno di Panti Pareden, Kemagangan, tepat pukul 15.30. Nampak pula KPH Purbodiningrat turut hadir pada prosesi peletakan wajik yang menjadi pondasi Gunungan Estri.

Kunjungan Delegasi Thailand dalam rangka Thainesia JCOESC ke-10

img_ZeTKg6x.jpg
Senin, 09 Juli 2018 admin

Jumat (6/7) pagi pukul 08.30 WIB, Keraton Yogyakarta menerima kunjungan dari delegasi Thailand di Indonesia. Kunjungan ini dilaksanakan bersamaan dengan digelarnya forum pertemuan timbal balik antara Royal Thai Armed Force (RTARF) dari Thailand dan Tentara Republik Indonesia (TNI) dari Indonesia. Acara yang bertajuk Thainesia Joint Coordinated Operation and Exercises Sub-Committee (JCOESC) membawa tiga belas delegasi Thailand untuk menyaksikan warisan budaya yang tersimpan di Museum Keraton Yogyakarta.

Wisudan Abdi Dalem Sawal Dal 1951 J

img_q803dUc.jpg
Kamis, 05 Juli 2018 admin

Sebanyak 324 Abdi Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menjalani wisuda pada Selasa (3/7) di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan mulai pukul 09.00 WIB. Jumlah tersebut terdiri dari 246 Abdi Dalem Reh Punokawan dan 78 Abdi Dalem Reh Keprajan. Setiap tahunnya, keraton menggelar dua kali wisuda kenaikan pangkat yang dilaksanakan pada bulan Sawal dan bulan Bakda Mulud seperti yang dilaksanakan pada bulan Januari lalu.

Wakil Penghageng II Parentah Hageng KPH Yudahadiningrat menuturkan bahwa hari pelaksanaan wisuda biasa jatuh pada Selasa Wage sesuai Wiyosan Dalem (hari lahir Sultan) kecuali terdapat Hajad Dalem yang memiliki waktu berdekatan. Beliau menambahkan bahwa jumlah Abdi Dalem yang diwisuda pada periode ini merupakan yang terbanyak dari semua Wisudan Abdi Dalem yang pernah digelar. Abdi Dalem yang diwisuda menerima sertifikat resmi dari keraton berisi pernyataan kenaikan pangkat atau pemberian kedudukan yang disebut serat kekancingan.

Ngabekten Dal 1951, Bentuk Bakti kepada Sultan

img_Jgztjf4.jpg
Senin, 18 Juni 2018 admin

Bersamaan dengan pelaksanaan Hajad Dalem Garebeg Sawal pada Jumat (15/6), Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Pisowanan Ngabekten atau tradisi sungkem setiap 1 Sawal. Ngabekten dilaksanakan selama dua hari dan terbagi menjadi Ngabekten Kakung dan Ngabekten Putri.

Garebeg Sawal Dal 1951, Tradisi Perayaan Idulfitri Keraton Yogyakarta

img_a1iNBI2.jpg
Minggu, 17 Juni 2018 admin

Garebeg Sawal Dal 1951 (15/6) menandai perayaan Idulfitri di Keraton Yogyakarta. Perayaan Garebeg Sawal tahun 2018 sedikit mengalami perbedaan dari perayaan Garebeg tiga tahun terakhir. Pasalnya, momen Garebeg yang selalu berselang satu hari setelah perayaan 1 Sawal oleh pemerintah, tahun ini dirayakan secara bersama-sama. Hal ini justru menjadi kesempatan bagi masyarakat Yogyakarta untuk dapat menyaksikan Hajad Dalem Garebeg bersama dengan keluarga.

“Selama tinggal di Jogja, saya baru satu kali mengikuti acara gunungan ini. Selain penasaran ingin melihat gunungan dan ingin melestarikan budaya Jawa” tutur Erni, warga Jogja yang turut memperebutkan gunungan di Pelataran Masjid Gedhe.

Menyambut Ramadhan dengan Waosan Macapat

img_LeAh6zs.jpg
Selasa, 22 Mei 2018 admin

Dalam rangka memasuki bulan Pasa 1951 J atau bulan Ramadhan 1439 H, Keraton Yogyakarta menyelenggarakan Waosan (pembacaan) Macapat yang dilakukan di emper Bangsal Kencana.

Pada tahun ini, buku yang dibaca adalah Babad Ngayogyakarta yang ditulis pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Naskah tersebut berkisah mengenai sejarah Kesultanan Yogyakarta. Pembacaan dimulai pada hari Selasa malam (15/5) dilakukan oleh Abdi Dalem Reh Kawedanan Hageng Punakawan Kridhamardawa bagian Lebdaswara. Pembacaan selanjutnya dilakukan pada tanggal 17, 20, 24, 28, 31 Mei, dan 4, 7, 10, 14 Juni.

Kuthomoro, Tradisi Keraton Memulai Ziarah di Bulan Ruwah

img_lj1CELh.jpg
Senin, 30 April 2018 admin

Keraton Yogyakarta memulai rangkaian upacara adat yang dinamakan Hajad Dalem Kuthomoro pada hari Minggu (29/4). Upacara ini dilakukan setiap tahun pada tanggal 13 Ruwah. Pada tanggal tersebut, Sri Sultan akan mengutus Abdi Dalem Kanca Kaji dan Suranata untuk mengirim ubarampe ke Kawedanan Pengulon. Ubarampe yang terdiri dari lisah konyoh (minyak wangi), ratus (serbuk kayu cendana), dan yatra tindih (uang untuk membeli bunga) kemudian digunakan untuk ziarah ke makam-makam Kagungan Dalem.

Hajad Dalem Labuhan Ageng Tahun Dal 1951

img_Ua1EtXe.jpg
Minggu, 22 April 2018 admin

Labuhan tahun Dal yang dilakukan tiap sewindu atau delapan tahun sekali seperti tahun ini disebut Labuhan Ageng (besar). Jika pada Labuhan Alit (kecil) prosesi Labuhan dilakukan di tiga tempat, yakni Pantai Parangkusuma, Gunung Merapi, dan Gunung Lawu, maka pada Labuhan Ageng lokasi bertambah di Dlepih Khayangan, Wonogiri.

Labuhan yang paling awal berlangsung di Pantai Parangkusuma pada hari Senin (16/4). Pihak keraton yang dipimpin oleh KRT Wijaya Pamungkas menyerahkan ubarampe ke Kecamatan Kretek. Dari Kecamatan Kretek ubarampe dibawa dengan iring-iringan menuju Kompleks Cepuri, tempat di mana ubarampe didoakan terlebih dahulu. Pada Labuhan Ageng terdapat tambahan ubarampe berupa Songsong Gilap (payung) untuk dilabuh di Pantai Parangkusuma. Menjelang tengah hari prosesi Labuhan dimulai dengan dipimpin juru kunci Pantai Parangkusuma, Mas Penewu Suraksa Jaladri.

Ngebluk dan Ngapem Awali Peringatan Kenaikan Takhta HB X

img_hn9BDC9.jpg
Senin, 16 April 2018 admin

Setiap tanggal 29 Rejeb, Keraton Yogyakarta memeringati hari ulang tahun kenaikan takhta atau Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X. Rangkaian agenda Hajad Dalem untuk memeringati peristiwa tersebut diawali dengan prosesi Ngebluk dan Ngapem.

Prosesi Ngebluk dilaksanakan pada Jumat (13/4) pagi, dimulai sekitar pukul 10.00 dan berakhir pada pukul 11.00 WIB. Bertempat di Bangsal Sekar Kedhaton, prosesi ini dipimpin oleh GKR Hemas dan diikuti oleh GBRAy Riyakusuma, GKR Mangkubumi, serta para Abdi Dalem Keparak. Ngebluk adalah upacara membuat adonan yang nantinya dimasak menjadi apem. Istilah ngebluk berasal dari suara “bluk” yang ditimbulkan saat mencampur adonan apem. Adonan yang terdiri dari tepung beras, tape singkong yang telah dilumat, gula pasir, gula jawa cair, dan air secukupnya tersebut dicampur merata di dalam pengaron. Setelah tercampur dengan baik, adonan dimasukkan ke dalam dua enceh pusaka untuk didiamkan selama satu malam agar mengembang.

Yasa Peksi Burak Dal 1951, Peringatan Isra' Mi'raj Keraton Yogyakarta

img_pASrXFV.jpg
Jumat, 13 April 2018 admin

Yasa Peksi Burak pada Kamis (12/4) 27 Rejeb, Dal 1951 menandai peringatan Isra’ Mi’raj di Keraton Yogyakarta. Peksi burak atau burung buraq dipercaya sebagai kendaraan Nabi saat melakukan perjalanan Isra’ dan Mi’raj. Di keraton, Hajad Dalem Yasa Peksi Burak dilaksanakan di Bangsal Sekar Kedhaton dengan dihadiri oleh Putri Dalem dan Sentana Dalem Putri.

Keraton Yogyakarta Gelar Peringatan Hadeging Nagari ke-271

img_WrUOh2K.jpg
Jumat, 16 Februari 2018 admin

Pada setiap tanggal 29 Jumadilawal, Keraton Yogyakarta memeringati Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat atau berdirinya Kasultanan Yogyakarta. Setiap tahunnya digelar serangkaian kegiatan guna memeringati peristiwa tersebut, tak terkecuali pada peringatan ke-271 tahun ini yang jatuh pada Kamis (15/2).

Tim Kesenian Keraton Yogyakarta Tampil di Abu Dhabi

img_FdJhlkt.jpg
Sabtu, 03 Februari 2018 admin

Sambutan luar biasa mengiringi penampilan tim kesenian Keraton Yogyakarta di Museum Louvre Abu Dhabi (LAD), pada 2-3 Februari 2018. Sebanyak 35 penari dan pengrawit mendapat undangan dari Museum LAD untuk membawakan tujuh tarian.

Pada hari pertama (2/2), rombongan menampilkan tari Klana Raja, Beksan Menak: Umarmaya-Umarmadi, Pethilan Topeng: Surawasesa Gandrung, dan Bedhaya Angron Sekar. Selanjutnya, pada hari kedua (3/2) ditampilkan tari Srimpi Pandelori, Beksan Menak: Rengganis-Widaninggar, dan Wayang Topeng: Sekartaji Boyong. Setiap hari pertunjukan dihadiri tidak kurang dari 300 orang penonton.

Keraton Yogya Gelar Wisuda Abdi Dalem dan Sugengan Ulang Tahun Sultan

img_IxSO210.jpg
Senin, 22 Januari 2018 admin

Wisuda bagi Abdi Dalem digelar pada Rabu (17/1) atau 29 Bakda Mulud pukul 10.00 WIB, bertepatan dengan ulang tahun Sultan dalam tahun Jawa. Bertempat di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan, sebanyak 252 Abdi Dalem yang terdiri dari 171 Abdi Dalem Reh Punokawan dan 81 Abdi Dalem Reh Keprajan menjalani wisuda. Setiap tahunnya, Keraton Yogyakarta menggelar dua kali wisuda kenaikan pangkat bagi para Abdi Dalem, yakni pada bulan Bakda Mulud dan Sawal.

Rangkaian Acara Sekaten dan Garebeg Tahun Dal 1951

img_DlRFu31.jpg
Senin, 04 Desember 2017 admin

Tanggal 6-12 Mulud tahun Dal 1951, atau 24 November - 1 Desember tahun 2017, menjadi istimewa karena bertepatan dengan beberapa upacara keraton terkait Sekaten dan Garebeg tahun Dal yang jatuh delapan tahun sekali. Berikut adalah penjelasan singkat upacara-upacara tersebut. Seperti tahun Dal, beberapa upacara juga diadakan delapan tahun sekali.

Miyos Gangsa Tandai Sekaten Tahun Dal 1951 J

img_pvKZzdh.jpg
Senin, 27 November 2017 admin

Pasar malam di Alun-alun Utara sejatinya ada untuk menyambut Sekaten yang berlangsung tanggal 6-12 Mulud. Sekaten dengan diawali dengan prosesi Miyos Gangsa atau keluarnya Gamelan Sekati, yakni Kanjeng Kiai Gunturmadu dan Kanjeng Kiai Nagawilaga dari keraton. Gamelan tersebut selanjutnya akan ditempatkan di Pagongan Masjid Gedhe dan ditabuh selama satu minggu. Rentang waktu inilah yang kemudian disebut sebagai Sekaten.

Sri Sultan Menerima Muhammadiyah Award

img_Gs24Zk0.jpg
Minggu, 19 November 2017 admin

Sri Sultan Hamengku Buwono VII terkesan dengan kecakapan beragama salah satu Abdi Dalem-nya yang memiliki asma paring Dalem Ngabdul Darwis. Sultan kemudian mengirim Ngabdul Darwis ke Mekah untuk mendalami agama Islam. Kembali dari Mekah, Ngabdul Darwis yang kemudian dikenal sebagai Kiai Haji Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah.

Keraton Menyambut Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY

img_9jFdPUE.jpg
Rabu, 25 Oktober 2017 admin

Keraton Yogyakarta menjadi tuan rumah bagi tiga acara dari rangkaian Mangayubagya Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Masa Bakti 2017-2022. Ketiganya adalah Tasyakuran bersama Habib Lutfi bin Ali bin Yahya pada Jumat (20/10) malam di Bangsal Pagelaran, Gelar Budaya Rakyat pada Minggu (22/10) malam juga di Bangsal Pagelaran, dan Doa Syukur Lintas Agama pada Selasa (24/10) sore di gedung Sasono Hinggil Dwi Abad.

Jamasan Pusaka Dal 1951 J, Ritual Tahunan untuk Merawat Pusaka

img_rD6bw3l.jpg
Selasa, 17 Oktober 2017 admin

Hujan berhenti tak lama sebelum ritual Siraman, atau Jamasan Pusaka, dilaksanakan oleh Keraton Yogyakarta pada hari Selasa Kliwon (17/10), tanggal 26 Sura tahun Jawa. Ritual ini dilaksanakan setahun sekali tiap Selasa Kliwon pada bulan Sura. Atau apabila tidak terdapat hari Selasa Kliwon pada bulan itu, maka Siraman dilakukan pada hari Jumat Kliwon. Siraman atau Jamasan, yang berarti memandikan, bertujuan untuk membersihkan dan merawat pusaka-pusaka milik keraton.

Rangkaian upacara Jamasan Pusaka diawali sekitar pukul 10.00 pagi dengan Jamasan pada pusaka yang berupa tombak, Kanjeng Kiai Ageng Plered, di kawasan Kedhaton. Setelah Kanjeng Kiai Ageng Plered selesai dijamas, barulah proses jamasan pada pusaka-pusaka lain dimulai.

Mubeng Beteng Dal 1951 sebagai Peringatan Malam Pergantian Tahun Jawa

img_3A4FP1O.jpg
Sabtu, 23 September 2017 admin

Malam 1 Sura atau malam tahun baru dalam perhitungan kalender Jawa jatuh pada hari Jumat (22/9). Dalam rangka memperingati malam pergantian tahun tersebut, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menggelar Hajad Kawula Dalem Mubeng Beteng pada hari Kamis (21/9) malam. Mubeng beteng sendiri merupakan lampah budaya. Sarana masyarakat melakukan introspeksi atas apa yang terjadi di tahun yang telah berlangsung sembari memohon kepada Yang Maha Kuasa agar tahun yang akan datang lebih baik dari pada tahun kemarin.

Peringatan pergantian tahun kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena kebetulan malam ini memasuki tahun Dal. KRT Wijoyopamungkas menjelaskan bahwa, “Tahun Dal adalah tahun yang lebih istimewa bagi orang Jawa karena merupakan tahun wiwitan atau tahun permulaan dari tahun Jawa yang memiliki siklus delapan tahun.”

Keraton Yogyakarta dalam Festival Keraton Nusantara XI

img_mpcZsxe.jpg
Selasa, 19 September 2017 admin

Pada tanggal 15 – 19 September 2017, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat berperan serta dalam Festival Keraton Nusantara XI yang bertempat di Kota Cirebon, Jawa Barat. Permaisuri Sri Sultan Hamengku Bawono ka 10, GKR Hemas didampingi puteri kedua dan keempat, GKR Condrokirono dan GKR Hayu, turut hadir mewakili Keraton Yogyakarta.  

Selain sebagai agenda pertemuan Raja dan Ratu Nusantara, rangkaian acara festival ini juga memfasilitasi masing-masing kerajaan untuk mengenalkan identitas diri melalui pementasan kesenian dan upacara adat, pagelaran busana, kirab agung prajurit, dan pameran benda-benda pusaka keraton. Hal ini selaras dengan tujuan festival yang diharapkan mampu menjadi media untuk mengenalkan, melestarikan, dan juga mempromosikan warisan seni budaya keraton yang ada di seluruh nusantara.

Memperingati Idul Adha 1438 H, Keraton Yogyakarta Gelar Garebeg Besar Je 1950

img_0ks95vy.jpg
Rabu, 06 September 2017 admin

Dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1438 H, Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Garebeg Besar Je 1950 atau tahun 2017 Masehi pada hari Sabtu (2/9). Serupa dengan Garebeg Sawal yang telah diselenggarakan di akhir bulan Juni lalu, rangkaian upacara ini diawali dengan Gladhen Prajurit pada hari Minggu (27/8). Kemudian dilanjutkan upacara Numplak Wajik pada hari Rabu (30/8) pukul 15.30 yang dipimpin oleh puteri sulung Sultan, GKR Mangkubumi, di Panti Pareden, Kemagangan.

Gladhen Prajurit merupakan gladi bersih bregada prajurit yang nanti pada pelaksanaan Garebeg akan menempuh rute Pratjimosono, Magangan, Kedhaton, Sitihinggil, Pagelaran, dan berakhir di Alun-Alun Utara. Selain gladi bersih, juga telah dilakukan gladi kotor sebanyak tiga kali.

Menjadi Indonesia

img_BS9CBFo.jpg
Selasa, 05 September 2017 admin

Kami Presiden Republik Indonesia, menetapkan: Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengku Buwono Senopati ing Ngalaga Abdurrakhman Sayidin Panatagama Kalifatullah ingkang Kaping IX ing Ngayogyakarta Hadiningrat, pada kedudukannya, dengan kepercayaan bahwa Sri Paduka Kanjeng Sultan akan mencurahkan segala pikiran, tenaga, jiwa dan raga untuk keselamatan daerah Yogyakarta sebagai bagian dari Republik Indonesia

Jakarta, 19 Agustus 1945 Presiden Republik Indonesia

ttd

Soekarno.

Pawiyatan Aksara Jawi bagi Abdi Dalem Memasuki Angkatan ke-4

img_k7N1Wj3.jpg
Kamis, 10 Agustus 2017 admin

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat sangat kental dengan suasananya yang serba Jawa, baik dari segi busana, tata krama, kuliner, juga bahasa. Karena itu Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Widyabudaya memprakarsai penyelengaraan Pawiyatan Aksara Jawi bagi para Abdi Dalem Keraton Yogyakarta sejak tahun 2016.

Pawiyatan Aksara Jawi merupakan kelas di mana para Abdi Dalem belajar menulis dan membaca aksara Jawa. Pawiyatan tersebut digelar secara rutin, tiga angkatan dalam setahun. Masing-masing berdurasi tiga bulan dengan dua kali pertemuan dalam satu minggu, yakni hari Selasa dan Kamis pukul 10.00-12.00.

GKR Mangkubumi dan KPH Wironegoro Mewisuda 310 Abdi Dalem

img_2f2y5Df.jpg
Sabtu, 22 Juli 2017 admin

Pada hari Selasa Wage (18/07) diselenggarakan Wisudan Abdi Dalem di Keraton Yogyakarta. Acara ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan dua kali dalam setahun. Biasa diadakan pada bulan Bakda Mulud dan bulan Sawal bagi para Abdi Dalem yang minggah pangkat (naik pangkat), kalenggahan, dan pangkat enggal (menerima pangkat baru).

Keraton Yogyakarta Gelar Hajad Dalem Garebeg Sawal Je 1950

img_twAmaXt.jpg
Minggu, 02 Juli 2017 admin

Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menghelat Hajad Dalem Garebeg Sawal Je 1950 atau 2017 M pada hari Senin (26/6). Sebelumnya, juga telah diselenggarakan upacara Numplak Wajik pada hari Jumat (23/6) dan Gladhi Resik Prajurit pada hari Sabtu (24/6).

Perhelatan Hajad Dalem Ngabekten Sambut Perayaan Idul Fitri 1438 H

img_E0Unhqa.jpg
Sabtu, 01 Juli 2017 admin

Pada hari Senin (26/6) dan Selasa (27/6), Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menghelat Hajad Dalem Ngabekten Tahun Je 1950 atau 2017 M. Pesowanan Ngabekten Kakung (laki-laki) diselenggarakan pada hari pertama, sementara Ngabekten Putri (perempuan) dan Ngabekten Mirunggan diselenggarakan keesokan harinya. Ngabekten sendiri merupakan tata cara untuk menghaturkan rasa hormat, dalam hal ini kepada Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10, layaknya tradisi sungkeman yang dilakukan oleh masyarakat Jawa pada umumnya.

Keraton Yogyakarta Menyambut Lailatul Qadar

img_OsO0rhn.jpg
Sabtu, 17 Juni 2017 admin

Tiap tanggal 20 Ramadhan, atau bulan Pasa pada penanggalan Jawa, Keraton Yogyakarta menyelenggarakan acara Malam Selikuran. Malam Selikuran adalah acara untuk menyambut lailatul qadar yang akan tiba pada sepuluh hari di akhir bulan Ramadhan. Namanya diambil dari kata selikur, yang berarti 21. Pada tahun 2017 ini, Malam Selikuran jatuh pada Kamis, tanggal 15 Juni.

Pawiyatan Abdi Dalem Angkatan ke-17 Resmi Ditutup

img_NneQVvH.jpg
Senin, 05 Juni 2017 admin

Pada hari Kamis, 31 Mei lalu, Pawiyatan Abdi Dalem Angkatan ke-17 resmi ditutup. Peserta Pawiyatan Abdi Dalem adalah Abdi Dalem Punakawan dan Abdi Dalem Keprajan. Setiap pawiyatan memiliki 60 peserta. Pada tahun 2017 ini, pawiyatan diselenggarakan enam kali dalam satu tahun dan terdiri dari 8 pertemuan dalam 4 minggu. Pertemuan tersebut diadakan setiap hari Senin dan Kamis agar para Abdi Dalem masih bisa bekerja di hari lainnya.

Kunjungan Para Puteri Sri Sultan Hamengku Bawono ka 10 ke Masjid Pathok Negara

img_gXwrodC.jpg
Kamis, 18 Mei 2017 admin

Terdapat banyak masjid yang dibangun oleh kerajaan-kerajaan Islam Nusantara, termasuk di Yogyakarta. Masjid-masjid yang dibangun atas perintah atau prakarsa sultan disebut dengan istilah Masjid Kagungan Dalem. Diantara sekian banyak Masjid Kagungan Dalem, dikelompokkan lagi ke dalam golongan Masjid Keprabon, Masjid Prabot, Masjid Pathok Negara dan Masjid Paring Dalem


Bangsal Kencana dan Gedhong Prabayeksa Ditutup Sementara untuk Renovasi

img_y350sgo.jpg
Kamis, 11 Mei 2017 admin

Setelah renovasi terhadap Siti Hinggil pada tahun 2016 lalu, tahun 2017 ini dilakukan renovasi terhadap dua bangunan lain di Keraton Yogyakarta, yakni Bangsal Kencana dan Gedhong Prabayeksa. Sejak Rabu (3/5), kedua bangunan tersebut ditutup karena adanya proses renovasi yang direncanakan berakhir pada bulan November tahun ini.

Peringatan Kenaikan Takhta Sri Sultan Hamengku Bawono ka 10 ke-29

img_pKaU4vh.jpg
Senin, 01 Mei 2017 admin

Tiap tahun Keraton Yogyakarta memperingati hari penobatan sultan yang sedang bertakhta. Rangkaian kegiatan ini dikenal sebagai Tingalan Jumenengan Dalem. Tingalan Jumenengan Dalem bagi Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 diperingati tiap tanggal 29 Rejeb Tahun Jawa.

Kesultanan Sambaliung dan Gunung Tabur Bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta

img_van1Pmw.jpg
Sabtu, 15 April 2017 admin

Setelah sebelumnya menerima berbagai kunjungan tamu luar negeri, kali ini Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menerima kunjungan dari Kesultanan Sambaliung dan Kesultanan Gunung Tabur pada Rabu (12/4) pukul 15.00 WIB.

Ketua Mahkamah Agung Federasi Rusia Kunjungi Keraton Yogyakarta

img_ZzI4R2O.jpg
Rabu, 22 Maret 2017 admin

Pada Sabtu (18/3) siang pukul 13.00 WIB, Ketua Mahkamah Agung Federasi Rusia, Vyancheslav M. Lebedev mengunjungi Keraton Yogyakarta. Beliau datang bersama dengan rombongan pejabat daerah dan diterima oleh KPH Notonegoro, suami dari GKR Hayu, putri Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10.

GKR Bendara Menerima Kunjungan Dubes Jerman di Keraton

img_ge91ZaT.jpg
Sabtu, 11 Maret 2017 admin

GKR Bendara menyambut kunjungan wisata Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Michael von Ungern Stenberg pada Kamis (9/3) pukul 12.00 WIB. Sebelumnya, rombongan Duta Besar Jerman telah berdialog dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Kantor Kepatihan.

Peringatan 270 Tahun Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat

img_WFcNN8f.jpg
Rabu, 01 Maret 2017 admin

Pada 13 Maret 1755 (29 Jumadil Awal, Jimawal 1680), atau sebulan setelah ditandatanganinya Perjanjian Giyanti (13 Februari 1755), Pangeran Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengku Buwono I pindah dari Pesanggrahan Ambarketawang ke Keraton Yogyakarta yang baru saja dibangun dan meresmikan Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadininingrat. Untuk memperingati 270 tahun peristiwa yang jatuh pada 26 Februari 2017 (29 Jumadil Awal, Jimawal 1950) tersebut, Keraton Yogyakarta mengadakan serangkaian kegiatan.

Menteri Pendidikan Belanda Berkunjung ke Keraton Yogyakarta

img_UO8hNbp.jpg
Sabtu, 18 Februari 2017 admin

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Negara Belanda, dr. M. (Jet) Bussemaker bersama staf dan jajarannya berkunjung ke Keraton Yogyakarta pada hari Rabu, tanggal 15 Februari 2017 lalu. Rombongan tiba di Pelataran Kamandhungan Lor, atau yang sering disebut dengan Pelataran Keben, pada pukul 11.00 WIB. Puteri kedua Sri Sultan Hamengku Bawono Ka10, GKR Condrokirono, menyambut rombongan tepat di depan Regol Kamandhungan Lor.

Keraton Yogyakarta Gelar Peringatan Ulang Tahun Sultan dan Wisuda Abdi Dalem

img_4XTDtNI.jpg
Senin, 30 Januari 2017 admin

Keraton Yogyakarta baru saja menggelar Tingalan Dalem Tahunan dan Wisuda Abdi Dalem pada hari yang sama, Sabtu 28 Januari 2017.

Tingalan Dalem Tahunan, atau peringatan Ulang Tahun Sultan dalam kalender Jawa, jatuh setiap tanggal 29 Bakdamulud. Peringatan ini diwujudkan dalam upacara Sugengan yang digelar di Tratag Bangsal Kencana mulai pukul 09.00 WIB, dan dibuka dengan doa oleh Penghageng Pengulon, KRT Kamaludiningrat.

Dalam upacara ini disajikan 73 Tumpeng Yuswo dengan lauk gudangan dan 71 Tumpeng Yuswo dengan lauk dendeng age, sambel krecek, dan perkedel. Angka 73 melambangkan usia Sultan dalam tahun Jawa sedang angka 71 melambangkan usia Sultan dalam tahun Masehi.

Selamat datang di situs resmi Kraton Jogja!

img_016io53.jpg
Jumat, 23 Desember 2016 admin

Setelah melalui proses panjang, sejak hari ini situs resmi dari Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat resmi diluncurkan. Terdapat beberapa alasan untuk menampilkan wajah keraton seisinya ke dalam dunia maya. Pertama, bermula dari banyaknya permintaan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akurat terkait sejarah, peristiwa serta kekayaan budaya di Keraton Yogyakarta. Dewasa ini banyak beredar buku-buku atau situs-situs di dunia maya yang memuat berbagai informasi tentang keraton. Sayangnya, seringkali informasi dari satu pihak dengan pihak yang lainnya berbeda-beda. Dari sisi internal keraton, penerbitan buku dengan Dinas atau sponsor telah dilakukan. Hanya saja frekuensi penerbitan nyatanya berjarak sangat lama. Mengingat karakter masyarakat saat ini yang sangat haus akan informasi, maka sejak beberapa tahun silam timbul rencana untuk membuat situs resmi Kraton Jogja.

TATA PEMERINTAHAN