Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 19 Agustus 2024

Memperingati Wiyosan Dalem (hari kelahiran) Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 setiap malam Selasa Wage, Kawedanan Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar Uyon-Uyon Hadiluhung di Kagungan Dalem Bangsal Kasatriyan.

Uyon-Uyon Hadiluhung Senin Pon 19 Agustus 2024 menyajikan beragam komposisi gendhing, selain itu disajikan pula pertunjukan tari Bedhaya Tunjung Anom. Acara dapat dihadiri masyarakat secara langsung dengan melakukan reservasi terlebih dahulu (kuota terbatas) atau dapat disaksikan melalui siaran langsung (live streaming) di kanal YouTube Kraton Jogja mulai pukul 19.00 WIB. 

Seluruh pengunjung yang menyaksikan Uyon-Uyon Hadiluhung secara luring pun diwajibkan untuk menggunakan busana sesuai pranatan atau ketentuan yang berlaku di lingkungan keraton, yakni busana pranakan (untuk pria) dan kebaya tangkepan jangkep (untuk perempuan).

001

Komposisi Gendhing

  1. Pambuka: Ladrang Prabu Mataram Laras Slendro Pathet Sanga.
  2. Soran: Gendhing Narendra Sejati Laras Pelog Pathet Lima, Kendhangan Sarayuda, jangkep sadhawahipun. Lirihan I: Gendhing Lalatingkir Laras Slendro Pathet Sanga, Kendhangan Lahela/Lala, ndawah Ladrang Sri Minulya Laras Slendro Pathet Sanga.
    (Sabda Dalem Sri Sultan Hamengku Bawana Ka-10)
  3. Gendhing Lampah Bedhaya Tunjung Anom.
  4.  Lirihan II: Gendhing Singa Nala Laras Slendro Pathet Manyura, Kendhangan Candra, dhawah Ladrang Sekar Gadhung Laras Slendro Pathet Manyura mawi andegan, kaseling Ketawang Lebdasari Laras Slendro Pathet Manyura.
  5. Lirihan III: Bawa Swara Sekar Tengahan Mintasih Laras Pelog Pathet Barang, katampen Gendhing Muncar Laras Pelog Pathet Barang, Kendhangan Sarayuda jangkep sadhawahipun, minggah Ladrang Semu Laras Pelog Pathet Barang.
  6. Panutup: Ladrang Tedhak Saking Laras Pelog Pathet Barang.

Sinopsis Bedhaya Tunjung Anom

Bedhaya Tunjung Anom merupakan Yasan (karya) Sri Sultan Hamengku Buwono VII (1877-1921). Istilah Tunjung Anom diambil dari nama gendhing utama iringan tari, yakni Gendhing Tunjung Anom. Terdapat sebutan lain untuk Bedhaya Tunjung Anom yakni Bedhaya Sigaluh, karena ceritanya diambil dari Serat Babad Sigaluh ketika Prabu Banjaransari hendak menaklukkan ratu jim Suprabawati. Cerita ini mirip dengan cerita pada Bedhaya Gandrung Manis yang belum lama dipentaskan pada Uyon-Uyon Hadiluhung edisi bulan Februari 2024. Bedhaya Tunjung Anom atau Bedhaya Sigaluh merupakan bedhaya yang diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII untuk sang putra mahkota.

Alkisah, Dewi Suprabawati merupakan putri dari Prabu Suprabagni dari Kerajaan Galuh yang. Tatkala Prabu Suprabagni muksa, Dewi Suprabawati dipaksa ayahandanya untuk menggantikan menjadi raja di Galuh karena beliau tidak memiliki putra. Ketika Dewi Suprabawati naik takhta, ia tidak menghendaki memiliki punggawa pria, semua jabatan digantikan oleh putri. Sedangkan seluruh pria termasuk patih dan punggawa diusir meninggalkan Kerajaan Galuh, setelah semua pergi Dewi Suprabawati khawatir jika mereka marah, oleh karenanya itu negeri Galuh lalu dibuat siluman. Itulah yang menjadikan Dewi Suprabawati disebut dengan Ratu Jim Surabawati. 

Upaya Prabu Banjaransari untuk menaklukkan Ratu Jim Suprabawati ditempuh dengan peperangan. Namun, pada akhirnya pertikaian mereka dilerai oleh Raja Sindhula yang dalam Serat Babad Sigaluh disebut dengan Prabu Suryawisesa. Dewi Suprabawati terpikat dengan kekuatan yang dimiliki Prabu Banjaransari. Kemudian dikisahkan mereka berdua menjadi Raja dan Permaisuri di Kerajaan Galuh.

002

Pendukung Tari

Paraga Patuh

  1. Paraga Endhel: Dhiwya Pasthika
  2. Paraga Batak: Dhiah Anis Dwi Prastiwi
  3. Paraga Gulu: Ardhana Wikanestri
  4. Paraga Dhadha: Ekawani Galuh Wasistha
  5. Paraga Buntil: Sekar Mawardah Sari Ananto
  6. Paraga Apit Ngajeng: Savina Aurellia Paviyani
  7. Paraga Apit Wingking: Erinna Putri Widyawati
  8. Paraga Endhel Wedalan Ngajeng: Syakirina Sheryl Mazzaya
  9. Paraga Endhel Wedalan Wingking: Amarra Primananda

Paraga Beksa Dhudhuk: Aurel Mawasari Widhyaningrum

Pangirit Beksa

  1. Nyi KRT Murtiharini
  2. Nyi R Riyo Pujaningrum 
  3. Nyi R Riyo Rayungsari
  4. Nyi MW Widyawinarbudaya

Panata Beksa

  1. Nyi RL Sastrawidyakartika
  2. Nyi KRT Murtiharini

Panata Gendhing : MB Ronggojati

Pengendhang : MB Ronggojati

Pengeprak : RW Rogomurti

Pemaos Kandha : KMT Dwijosupadmo

Panata Busana : Mg Prisnantia Alfianti

Produser : RB Pronomatoyo