KPH Yudanegara Menerima Menteri Pariwisata dan Purbakala serta Duta Besar Palestina

Jumat malam (6/9), Kanjeng Pangeran Harya Yudanegara menerima Hani Abdalmasih Al-Hayek, Menteri Pariwisata dan Purbakala Palestina beserta Duta Besar Palestina Mr. H.E. DR. Zuhair S. M. Alshun dan jajaran di kompleks Keraton Yogyakarta. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka kerja sama memperkuat hubungan Indonesia dan Palestina di bidang pariwisata dan budaya. Kegiatan tersebut lebih dahulu diawali dengan kunjungan kerja rombongan Menteri dan Duta Besar Palestina bersama Badan Otorita Borobudur (BOB) yang diwakili oleh Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik (KUKP), Yusuf Hartanto.

006

Kehadiran rombongan ke Keraton Yogyakarta dilaksanakan saat makan malam sekaligus mengakhiri rangkaian agenda kunjungan kerja tersebut. KPH Yudanegara menerima seluruh rombongan di Bale Raos-The Sultan’s Dishes. Tidak ada diskusi khusus, namun KPH Yudanegara menyampaikan bahwa Keraton Yogyakarta sampai saat ini menjadi institusi pelestari kebudayaan yang masih lestari. Di sisi lain, Keraton Yogyakarta juga mengembangkan serta memanfaatkan berbagai aset budaya agar terus dapat dinikmati oleh generasi saat ini.

Berdasarkan informasi dari BOB, rombongan Menteri dan Duta Besar Palestina sampai di Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo pada pukul 11.30 WIB. Rombongan kemudian melanjutkan kunjungan kerja ke Candi Borobudur yang merupakan agenda pertama dalam Kunker Menteri Pariwisata dan Purbakala Palestina Hani Abdalmasih Al-Hayek.

004

Dalam kegiatan ini para delegasi menunjukkan atensi yang tinggi ketika sampai di Candi Borobudur yang disambut dengan Tarian Kinara Kinari. Dalam kesempatan ini Direktur Utama BOB, Agustin Peranginangin turut hadir dan mendampingi kunjungan. Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan naik Candi Borobudur untuk mendengarkan dengan saksama penjelasan-penjelasan yang diberikan oleh pemandu. 

Seturunnya dari Candi Borobudur, para delegasi diajak untuk merasakan pengalaman Borobudur Trail of Civilization (BToC) yang di buat berdasarkan relief Candi Borobudur di Desa Karanganyar dan Karangrejo, mulai dari membuat gerabah, naik andong, mempelajari rempah, merasakan pijat tradisional, mencoba menu angkringan, sampai dengan melihat batik. 

002

Menutup kunjungan di Bale Raos, seluruh rombongan dimanjakan dengan suasana yang nyaman dan jamuan ala bangsawan khas Keraton Yogyakarta. KPH Yudanegara begitu menemani seluruh jamuan makan malam hingga berakhir pukul 21.00 WIB.